Layanan Ponsel, TV, Internet Hadir di Pesawat

Pesawat di Bandara
Sumber :
  • muhammad.firman/VIVAnews

VIVAnews - Cathay Pacific Airways, maskapai penerbangan asal Hong Kong mengumumkan rencana mereka untuk menawarkan layanan in-flight broadband, mobile phone, dan siaran langsung televisi di seluruh penerbangan mereka pada awal 2012 mendatang.

Maskapai tersebut menggunakan sistem eXConnect yang dipasok oleh Panasonic Avionics yang dapat menghadirkan bandwidth sebesar 50Mbps dari satelit ke pesawat.

Seperti dikutip dari PC Advisor, 12 Juli 2010, bandwidth tersebut akan dibagi-bagi untuk penumpang yang menggunakan layanan internet dan juga aplikasi milik kru pesawat seperti transmisi data real time penerbangan ke pengawas di darat.

Hubungan satelit dengan pesawat juga mendukung panggilan suara pada ponsel dan layanan data serta siaran langsung televisi ataupun program pay per view.

Meski Cathay Pacific merupakan maskapai pertama yang mengumumkan layanan tersebut, akan tetapi mereka bukanlah yang pertama menghadirkannya bagi penumpang. Lufthansa juga akan menghadirkan layanan serupa, bahkan lebih cepat, yakni pada pertengahan 2011.

Sebelum ini, Lufthansa merupakan pelanggan Connexion by Boeing, layanan in-flight internet yang beroperasi sejak 2001 sampai 2006. Berbeda dengan layanan yang didukung Panasonic, Connexion mengandalkan menara di darat untuk akses data.

Meski lebih terjangkau, akan tetapi pesawat tidak mendapat layanan saat sedang mengudara jauh di luar jangkauan menara, misalnya di atas samudra. (sj)

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024