Seberapa Jauh Jarak Bintang?

Galaksi Bima Sakti.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno - Lihatlah ke atas pada malam yang cerah dan Anda akan melihat ribuan bintang berkedip. Mata yang terlatih dapat menelusuri bintang paling terang. Namun sebagian besar dari kita menganggap bahwa itu hanyalah serangkaian titik yang memusingkan. Tapi seberapa jauh jarak bintang-bintang?

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Mengutip dari situs Live Science, Selasa, 19 September 2023, jarak rata-rata antara dua bintang di Bima Sakti adalah sekitar 5 tahun cahaya atau 29 triliun mil (47 triliun kilometer), menurut National Radio Astronomy Observatory.

Namun, mata manusia tidak terlalu bisa melihat rata-rata tersebut. Pemandangan langit malam yang kita lihat hanyalah potret dua dimensi dari bintang-bintang paling terang. Satu bintang yang terlihat mungkin sebenarnya adalah dua bintang yang saling terikat, dan masing-masing bintang dalam suatu konstelasi mungkin terpisah, lebih jauh daripada yang terlihat.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

“Jangan pernah mempercayai konstelasi. Jika Anda melihat dua bintang bersebelahan di langit, itu adalah proyeksi 2D. Kamu tidak tahu apakah mereka benar-benar bersebelahan," kata Anna Rosen, ahli astrofisika dan asisten profesor di San Diego State University.

Jarak antar bintang sangat bervariasi. Matahari berjarak sekitar 4,25 tahun cahaya (25 triliun mil atau 40 triliun km) dari bintang tetangga terdekatnya, Proxima Centauri, menurut NASA. Proxima Centauri, di sisi lain adalah salah satu dari tiga bintang dalam suatu sistem dan hanya berjarak seperlima tahun cahaya dari tetangga terdekatnya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Lubang hitam atau black hole.

Photo :
  • Russia Today

Sistem Centauri menunjukkan bahwa jarak rata-rata antar bintang di galaksi tidak memberikan gambaran lengkap tentang distribusi bintang, yang juga berubah seiring waktu, “Jika Anda melihat lebih dekat dan mengarahkan teleskop ke wilayah-wilayah ini pada usia evolusi yang berbeda, maka situasinya menjadi lebih rumit,” ujar Rosen.

Astronom di Badan Antariksa Eropa, Jos de Bruijne menyebut bahwa semua bintang tampak sangat statis. Pemahaman para peneliti saat ini adalah bahwa sebagian besar bintang lahir di lingkungan berkelompok yang relatif dekat satu sama lain.

Namun, seiring berjalannya waktu, pengaruh eksternal di ruang angkasa, seperti medan gravitasi keseluruhan galaksi, dapat menyebabkan bintang-bintang tersebut menyebar secara perlahan.

Tarikan gravitasi Bima Sakti yang kuat biasanya menghentikan bintang-bintang agar tidak bergerak terlalu jauh, dan galaksi kita tidak sendirian dalam hal ini.

De Bruijne mencatat bahwa jarak rata-rata antar bintang di Bima Sakti — 5 tahun cahaya — juga merupakan ciri khas pemisahan antar bintang di galaksi lain. Namun, beberapa bintang dapat melarikan diri dari galaksi asalnya dan bintang tetangganya.

Bintang yang berakselerasi hingga kecepatan cukup tinggi akan terbebas dari tarikan gravitasi galaksinya.

Mekanisme terjadinya hal ini di Bima Sakti melibatkan lubang hitam raksasa di jantung galaksi, yang dijuluki Sagitarius A*, raksasa kosmik berukuran 4 juta kali massa matahari.

"Jika sebuah bintang kebetulan melintas sangat dekat dengan lubang hitam tersebut, ia tidak akan tertelan, namun akan mengalami percepatan yang sangat besar. Itu akan mendapat semacam percepatan ketapel dalam kecepatannya," jelasnya.

Bintang-bintang yang mengalami metode percepatan tertentu akan perlahan-lahan meninggalkan galaksi.

Begitu keluar, mereka mungkin akan melayang sendirian di ruang hampa antar galaksi yang luas, yang bisa membentang hingga jutaan tahun cahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya