Material Ini Lebih Kuat dari Baja

Galvorn.
Sumber :
  • DexMat

VIVA Tekno – Galvorn lebih kuat dari baja, lebih ringan dari aluminium, dan memiliki konduktivitas tembaga. Meskipun masih belum ada kepastian apakah teknologi ini lebih cepat dari peluru, para ahli di DexMat yang berbasis di Houston berpendapat bahwa produk mereka dapat merevolusi lanskap teknologi ramah lingkungan.

Ilmuwan NASA Masuk Islam Usai Dipecat Setelah Melihat Mukjizat Malam Lailatul Qadar

Galvorn dapat menjadi alternatif pengganti tembaga yang langka dan mahal — logam penting dalam elektronik, menurut GreenBiz, Senin, 25 September 2023.

Terlebih lagi, para penemu berencana untuk menggantikan material kotor, berkontribusi pada udara yang lebih bersih, dan memajukan teknologi ramah lingkungan saat material 'ajaib' mereka diluncurkan.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Galvorn adalah hasil investasi yang nilainya lebih dari US$20 juta dari dua lembaga penelitian Angkatan Udara AS, Departemen Energi, dan NASA, serta perusahaan teknologi besar lainnya.

“Potensi dampak iklim DexMat membuat kita pusing,” kata investor Shomik Dutta, mitra pengelola di Overture Climate VC.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Galvorn dibuat dalam bentuk pita, benang atau jaring, di antara bentuk lainnya. Pembuatnya mengatakan bahwa 'Lord of the Rings' karya JRR Tolkien adalah sebuah inspirasi dalam prosesnya.

Galvorn.

Photo :
  • DexMat.

“Seorang pandai besi elf bernama Eol menciptakan jenis logam baru yang disebut galvorn yang digambarkan tipis dan fleksibel, namun juga cukup kuat untuk dijadikan pelindung,” tulis peneliti DexMat di blog perusahaan.

Meskipun tidak dibuat di bengkel elf, Galvorn versi kehidupan nyata berasal dari proses yang sama mengesankannya. Ini adalah teknik berteknologi tinggi yang mencakup pemisahan hidrokarbon.

Dampaknya bagi konsumen akan terasa pada penerapannya. Kendaraan yang lebih ringan dan cepat, bilah turbin angin yang lebih ringan, dan konduktivitas baterai yang lebih tinggi untuk meningkatkan penyimpanan energi terbarukan.

Ini sudah digunakan untuk membantu menghilangkan es pada sayap pesawat. Dutta mencatat bahwa menempatkan material tersebut pada beton dan material lainnya, dapat memperkuat dan memberikan umur yang lebih panjang pada bangunan dan infrastruktur. Tujuan DexMat adalah membuat sumber daya yang banyak mengandung karbon seperti tembaga menjadi usang.

“Krisis iklim, transisi energi ramah lingkungan, dan gerakan 'listrik segalanya' mendorong transformasi besar-besaran pada industri dan infrastruktur secara global,” jelas peneliti di blog.

DexMat mempromosikan proses manufaktur bersih yang menggunakan listrik, terkadang ditenagai oleh energi terbarukan. Karena Galvorn terbuat dari karbon, ia mengunci elemen yang memerangkap panas tersebut ke dalam penyimpanan jangka panjang, sehingga tidak berkontribusi terhadap pemanasan global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya