Sphere Las Vegas: Layar Terbesar di Dunia Tempat Konser U2

Sphere Las Vegas, AS.
Sumber :
  • Instagram @spherevegas

Amerika Serikat – Band rock U2 baru saja menggelar konser menakjubkan di Sphere Las Vegas pada Jumat, 29 September 2023. Mereka tampil dengan visual yang sangat memukau di dalam ‘Bola LED terbesar di dunia’ tersebut. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Sphere di The Venetian Resort sendiri adalah salah satu bangunan paling luar biasa di dunia dan ikonik yang menarik di Las Vegas. Sphere adalah tempat hiburan raksasa yang telah menjadi perbincangan di media sosial karena kubah eksteriornya.  

Saat siang hari, dome ini terlihat seperti objek hitam yang eksotis, tetapi saat malam hari, bangunan seperti bola ini berubah menjadi salah satu layar terbesar di dunia dengan visual yang memukau siapa pun yang melihatnya dari jarak beberapa kilometer. 

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Tentang Sphere: Fitur, Biaya, dan Kegunaannya

Sphere Las Vegas

Photo :
  • Instagram @spherevegas
Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Dilansir dari Lifestyle Asia, Sphere memiliki tinggi 111,5 meter dan diameter 157,2 meter. Meskipun bukan lingkaran sempurna, ini lebih seperti bola besar yang menonjol dari tanah. Bahkan, Sphere disebut sebagai struktur bulat terbesar di dunia, melampaui Avicii Arena di Swedia yang memiliki diameter 110 meter.

Di dalam Sphere, terdapat sebuah teater konser dengan kapasitas 18.500 kursi atau dapat menampung sebanyak 20.000 penonton yang berdiri. Interior Sphere dilengkapi dengan layar LED beresolusi 16K, yang merupakan tertinggi di dunia dalam kategorinya dengan tinggi mencapai 76,2 meter. 

Sphere Las Vegas

Photo :
  • Instagram @spherevegas

Layar ini hampir mengelilingi seluruh penonton, membentuk kanvas seluas 14.864 meter persegi. Dengan lebih dari 160.000 speaker, semua orang di dalam Sphere bisa menikmati kualitas audio yang sama jelasnya, tidak peduli di mana mereka duduk.

Pengalaman di dalam Sphere semakin mendalam dengan teknologi 4D yang menirukan angin, suhu, dan bahkan efek aroma berdasarkan apa yang terjadi di panggung atau layar. Selain itu, 10.000 kursi di tempat ini adalah kursi haptic yang bergetar sesuai dengan efek yang ada di layar.

Sphere Las Vegas

Photo :
  • Instagram @spherevegas

Eksterior Sphere juga mengagumkan dengan pemandangan kreatif yang memikat. Layar eksterior Sphere menggunakan 1,2 juta LED berukuran seperti puck hoki yang terpasang di seluruh strukturnya. Visual eksterior ini adalah yang terbesar di dunia dalam kategorinya dengan luas 53.883 meter persegi. Seluruh sistem pencahayaan dapat diprogram sesuai dengan keinginan seniman, pengiklan, sponsor, atau penampil, menciptakan momen visual yang luar biasa.

Sphere juga akan menjadi tuan rumah berbagai acara, termasuk konser, pemutaran film, dan bahkan balapan Formula 1 Las Vegas Grand Prix pada November 2023 mendatang. Total biaya pembangunan Sphere diketahui mencapai USD2,3 miliar atau setara dengan Rp35 triliun dan struktur ini telah menjadi salah satu daya tarik utama di Las Vegas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya