Mengapa Luar Angkasa Terlihat Gelap?

Gambar luar angkasa yang diambil Teleskop Antariksa Milik James Webb (JWST)
Sumber :
  • penisslayer24

VIVA Tekno – Jika kamu melihat ke atas langit saat malam hari, mungkin ruang angkasa terlihat sangat gelap dan hanya terlihat ada bintang terang dan planet.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pernahkah kamu bertanya, mengapa luar angkasa terlihat gelap saat malam hari? Padahal banyak bintang-bintang meneranginya. Anehnya, jawabannya tidak ada hubungannya dengan kurangnya cahaya.

Lingkaran hantu di luar angkasa.

Photo :
  • space.com
Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Dikutip dari Live Science, seorang mahasiswa pascasarjana astronomi dan astrofisika di Universitas California, Santa Cruz (UCSC), Tenley Hutchinson-Smith mengatakan kontradiksi ini, yang dikenal di kalangan fisika dan astronomi sebagai paradoks Olbers, dapat dijelaskan dengan teori perluasan ruang-waktu gagasan bahwa alam semesta mengembang lebih cepat daripada kecepatan cahaya.

“Karena alam semesta kita mengembang lebih cepat daripada kecepatan cahaya. Cahaya dari jauh galaksi mungkin meregang dan berubah menjadi gelombang inframerah, gelombang mikro, dan gelombang radio, yang tidak dapat dideteksi oleh mata manusia. Dan karena tidak terdeteksi, mereka tampak gelap (hitam) jika dilihat dengan mata telanjang,” ujarnya.

Miranda Apfel, yang juga mahasiswa pascasarjana astronomi dan astrofisika di UCSC, sependapat dengan Hutchinson-Smith. 

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

“Bintang mengeluarkan cahaya dalam semua warna, bahkan warna yang tidak terlihat oleh mata manusia, seperti ultraviolet atau inframerah. Jika kita bisa melihat gelombang mikro, seluruh ruang akan bersinar,” ujar Apfel.

Bumi dan luar angkasa.

Photo :
  • nasa

Kata dia, hal ini karena latar belakang gelombang mikro kosmik – energi cahaya dari Big Bang yang dihamburkan oleh proton dan elektron yang ada pada awal alam semesta masih memenuhi seluruh ruang.

Alasan lain mengapa ruang antarbintang dan antarplanet tampak gelap adalah karena ruang angkasa merupakan ruang hampa yang hampir sempurna. 

Ingatlah bahwa langit bumi berwarna biru karena molekul-molekul yang membentuk atmosfer, termasuk nitrogen dan oksigen, menyebarkan banyak komponen cahaya tampak dengan panjang gelombang biru dan ungu dari matahari ke segala arah, termasuk ke arah mata kita. 

Namun, jika tidak ada materi, cahaya merambat lurus dari sumbernya ke penerima. Karena ruang angkasa merupakan ruang hampa yang hampir sempurna artinya hanya terdapat sedikit sekali partikel - hampir tidak ada apa pun di ruang angkasa antara bintang dan planet yang dapat menyebarkan cahaya ke mata kita. Dan tanpa adanya cahaya yang mencapai mata, mereka melihat warna hitam.

Meskipun demikian, studi tahun 2021 di The Astrophysical Journal menunjukkan bahwa ruang angkasa mungkin tidak sehitam yang diperkirakan para ilmuwan. 

Melalui misi New Horizons NASA ke Pluto dan Sabuk Kuiper, para peneliti dapat melihat ruang angkasa tanpa gangguan cahaya dari Bumi atau Matahari. 

Tim menyaring gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa dan mengurangi semua cahaya dari bintang-bintang yang diketahui, Bima Sakti dan galaksi-galaksi yang mungkin ada, serta cahaya apa pun yang mungkin bocor dari kebiasaan kamera.

Mereka menemukan bahwa cahaya latar belakang alam semesta masih dua kali lebih terang dari perkiraan.

Alasan peningkatan kecerahan ini, yang masih belum diketahui, akan menjadi fokus penelitian di masa depan. Sampai saat itu tiba, ada satu hal yang mungkin terjadi: Ruang angkasa bisa jadi lebih “arang” daripada gelap gulita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya