Astronot Termuda China Berangkat ke Luar Angkasa dalam Misi 6 Bulan

Astronot termuda China
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Tekno – Awak astronot termuda China telah berangkat dalam misi enam bulan ke stasiun luar angkasa, dalam program luar angkasa yang sedang berkembang yang berencana mengirim manusia ke Bulan pada tahun 2030.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Awak roket Shenzhou-17 lepas landas dengan roket Long March 2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China pada Kamis, 26 Oktober 2023 pukul 11:14 pagi (03:14 GMT).

Awak yang terdiri dari tiga orang dipimpin oleh mantan pilot angkatan udara Tang Hongbo berusia 48 tahun, yang bergabung dengan Tentara Pembebasan Rakyat pada tahun 1995 dan menjalankan misi berawak pertama ke stasiun luar angkasa, yang dikenal sebagai Tiangong, pada tahun 2021.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Roket Long March 5B milik China.

Photo :
  • Spacenews

Astronot lainnya, yang dikenal sebagai taikonaut di China, adalah Tang Shengjie, 33, dan Jiang Xinlin, 35, yang sedang melakukan perjalanan pertama mereka ke luar angkasa.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Awak yang semuanya laki-laki adalah yang termuda yang pernah menjalankan misi ke stasiun luar angkasa, dengan usia rata-rata 38 tahun.

Setelah roket mengudara selama sekitar 15 menit, seorang pejabat program luar angkasa menyatakan peluncuran tersebut “sukses total”.

“Impian luar angkasa China telah mencapai puncaknya di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping,” ujarnya, mengutip Al Jazeera.

Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program luar angkasa yang dijalankan militer dalam upayanya untuk mengejar ketertinggalan dari Amerika Serikat dan Rusia.

Tiangong, yang selesai dibangun pada akhir tahun 2022, dapat menampung maksimal tiga astronot pada ketinggian orbit hingga 450 km dengan umur operasional lebih dari 15 tahun.

Para astronot Shenzhou 17 akan menggantikan awak Shenzhou-16 yang tiba di Tiangong pada akhir Mei tahun depan dan akan kembali ke Bumi pada 31 Oktober.

Beijing bertujuan untuk mengirim misi berawak ke Bulan pada tahun 2030 dan berencana membangun pangkalan di permukaan bulan.

Wakil direktur Lin menegaskan kembali tujuan tersebut, dengan mengatakan bahwa “tujuan mendaratkan warga China di bulan pada tahun 2030 akan terwujud sesuai jadwal”.

Astronot pertama China semuanya adalah mantan pilot angkatan udara, namun seleksi telah diperluas dalam beberapa tahun terakhir dan seiring dimulainya seleksi untuk kelompok penjelajah ruang angkasa keempat, China sedang mencari kandidat dengan gelar doktor dalam disiplin ilmu mulai dari biologi, fisika dan kimia hingga teknik biomedis dan astronomi.

Astronot termuda China

Photo :
  • Al Jazeera

Ini juga membuka proses bagi pelamar dari Hong Kong dan Makau untuk pertama kalinya.

Seorang pejabat senior di program luar angkasa berawak China mengatakan awal tahun ini bahwa Beijing juga akan segera memulai proses seleksi dan pelatihan bagi astronot asing yang ingin berpartisipasi dalam penerbangan bersama ke Tiangong.

Pelamar harus fasih berbahasa Mandarin, yang merupakan bahasa kerja Tiangong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya