Apa Itu Dukhan, Tanda Kiamat yang Ditakuti Dajjal

Ilustrasi asap.
Sumber :
  • funkiplanet

VIVA Tekno – Dalam Islam, salah satu aspek penting yang sering dibahas adalah tanda-tanda kiamat yang akan muncul menjelang hari pembalasan. Salah satu tanda kiamat yang dijelaskan dalam Al-Quran dikenal dengan sebutan "Dukhan." 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Dukhan sendiri adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "asap" atau "kabut,” seperti dilansir dari The Religion of Islam. Penjelasan mengenai Dukhan dapat ditemukan dalam Surat Ad-Dukhan Surat 44 dalam Al-Quran. 

Alquran (Foto ilustrasi)

Photo :
  • Pixabay
Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Dalam Surat Ad-Dukhan, Allah menggambarkan peristiwa munculnya asap yang akan menyelimuti langit dan bumi. Banyak ulama meyakini bahwa ini adalah salah satu tanda besar dari datangnya Hari Kiamat. Asap ini menjadi pertanda bahwa hari pembalasan telah tiba, menciptakan suasana mencekam dan menakutkan bagi manusia.

Allah menyebutkan dalam Al-Quran (QS. Ad-Dukhan ayat 10-12):

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih (Mereka berdoa): 'Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman.’”

Ditakuti oleh Dajjal

ilustrasi asap

Photo :
  • funkiplanet

Kedatangan hari kiamat adalah suatu kepastian dalam ajaran Islam, meskipun waktu pastinya hanya Allah yang mengetahuinya. Dalam menghadapi hari kiamat, tanda-tanda seperti Dukhan menjadi pengingat akan pentingnya menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama dan mempersiapkan diri untuk hari pembalasan.

Namun, dalam perspektif kisah akhir zaman dalam Islam, ada sesosok manusia yang ditakuti oleh banyak orang, yaitu Dajjal. Dajjal disebut sebagai penipu yang mengklaim kebenaran, namun sejatinya menyesatkan. 

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh Dajjal adalah kemunculan Dukhan. Kabut atau asap yang muncul, disebut dalam hadis, akan menyebabkan Dajjal mengalami cacat dan kekalahan di medan Armageddon.

Disebutkan bahwa Dajjal akan terhapus dan buta sebelah karena munculnya Dukhan. Oleh karena itu, Dajjal 'terhapus'. Selain itu, orang-orang kafir dan Yahudi yang berada di wilayah Khurasan juga akan mengalami pembengkakan pada seluruh tubuh mereka. Ini merupakan salah satu tanda besar dari datangnya hari kiamat.

Meskipun tanda-tanda akhir zaman dan kiamat mungkin menakutkan, bagi umat Islam, mereka adalah pengingat akan kebesaran Allah dan perlunya menjalani kehidupan dengan taat dan penuh keyakinan. Kesadaran akan akhirat dan kepatuhan terhadap ajaran agama merupakan inti dari persiapan menuju hari kiamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya