ChatGPT Vs Grok Milik Elon Musk, Mana yang Lebih Bagus?

Grok vs ChatGPT.
Sumber :
  • Business Today

VIVA Tekno – Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, telah secara resmi merilis chatbot AI miliknya yang sangat dinanti bernama Grok.

Banyak Pilihan Inovasi Generative AI NVidia

Model bahasa besar (LLM) ini dikembangkan oleh perusahaan AI Musk, xAI, dan mengambil inspirasi dari “The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy.”

Grok dikenal dengan kecerdasannya yang tajam dan sedikit sifat "pemberontak". Salah satu fitur menonjol dari Grok adalah aksesnya ke data real-time dari X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

840 Ribu Orang Indonesia akan Digembleng

Grok milik Elon Musk

Photo :
  • X
Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

Keunggulan unik ini membedakan Grok dari chatbot lain seperti ChatGPT milik OpenAI karena memungkinkannya memberikan informasi terkini tentang peristiwa dan kejadian terkini.

Meskipun ChatGPT dan Grok adalah chatbot yang didukung AI, keduanya menunjukkan beberapa perbedaan utama: 

Sumber data 

ChatGPT mengandalkan beragam kumpulan data dari sumber seperti Common Crawl, konten web, buku, dan Wikipedia. 

Sebaliknya, Grok "dilatih" menggunakan data real-time atau terbaru dari platform X (sebelumnya Twitter), yang memastikan Grok memberikan informasi terkini dan relevan. 

Kepemilikan 

Grok dibuat oleh Elon Musk dan tim ahli AI dalam xAI, sedangkan ChatGPT berasal dari OpenAI, sebuah organisasi penelitian AI. 

Struktur kepemilikan yang berbeda ini membentuk perkembangan dan lintasan sistem AI ini.

Ketersediaan 

ChatGPT dapat diakses publik pada November 2022, melayani basis pengguna yang luas. 

Namun Grok saat ini masih dalam tahap beta dan terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat. Musk telah mengindikasikan bahwa itu akan tersedia untuk semua pelanggan X Premium+ setelah keluar dari fase beta awal.

Harga 

ChatGPT menawarkan kepada pengguna dua versi, varian dasar gratis dengan pembaruan data real-time terbatas, dan versi premium dengan harga $20 atau Rp312 ribu per bulan, yang menyediakan akses berkelanjutan ke informasi real-time. 

Grok, di sisi lain, tersedia untuk pengguna Premium+ X dengan biaya bulanan lebih rendah yaitu $16 atau Rp250 ribu, sehingga berpotensi menjadikannya pilihan yang lebih hemat biaya. 

Grok vs ChatGPT.

Photo :
  • Business Today

Gaya komunikasi 

Grok dikenal karena menanggapi pertanyaan dengan nada yang jenaka dan agak lucu, yang membedakannya dari gaya komunikasi ChatGPT. 

Pendekatan komunikasi yang berbeda ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang unik, melayani preferensi komunikasi yang beragam. Selain tanggapannya yang cerdas dan agak memberontak, Musk menekankan bahwa Grok dirancang untuk memasukkan humor ke dalam interaksinya, menambahkan sentuhan hiburan pada interaksi pengguna. 

OpenAI mengklaim bahwa Grok dapat mengungguli model yang dilatih pada kumpulan data yang lebih besar dan dengan persyaratan komputasi yang lebih tinggi meskipun dilatih pada data yang lebih sedikit. Elon Musk bahkan menyatakan bahwa, dalam beberapa hal, Grok adalah model AI terbaik yang ada.

Apa yang membedakan Grok dari ChatGPT?

Grok menggunakan pelatihan khusus dan tumpukan inferensi berdasarkan Kubernetes, Rust, dan JAX, menjalankan LLM khusus yang disebut Grok-1, dilatih pada data real-time dari platform media sosial X dan web scraping. 

Sebaliknya, ChatGPT dibangun di atas Model Bahasa Besar (LLM) GPT-3.5 atau GPT-4.0 yang dilatih hanya pada data internet yang tersedia untuk umum. Model GPT-3.5 di ChatGPT terakhir diperbarui pada September 2022, sehingga membatasi kemampuannya untuk memberikan informasi akurat lebih dari itu. 

Versi beta Grok saat ini dapat diakses oleh sejumlah pengguna terbatas di AS dan akan tersedia untuk pelanggan X Premium+ dengan harga $17 atau Rp 266 ribu per bulan, sehingga lebih mahal daripada ChatGPT+. 

OpenAI ChatGPT.

Photo :
  • Richard Drew

Mana yang lebih baik, Grok atau ChatGPT? Memilih antara Grok AI dan ChatGPT bergantung pada kebutuhan dan preferensi spesifik pengguna.

Grok AI menawarkan akses real-time ke informasi dari platform X dan dirancang agar intuitif dan menarik. Saat ini juga sedang dalam tahap beta dan tersedia untuk basis pengguna terbatas. Namun, saat ini versi tersebut berada di balik paywall dan kemungkinan besar tidak akan dirilis sebagai versi terbatas, meskipun gratis. 

ChatGPT di sisi lain tersedia untuk umum dengan basis pengguna yang besar dan dilatih pada kumpulan data teks dan kode yang luas. Selain itu, ChatGPT mampu menghasilkan berbagai format teks kreatif. Namun, sistem ini tidak memiliki akses real-time terhadap informasi, setidaknya dalam versi gratisnya, dan mungkin lebih rentan menghasilkan respons yang bias atau menyinggung.

Nah, kamu pilih yang mana?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya