Tips Bikin AC Rumah Tetap Dingin dan Hemat Listrik

Ilustrasi AC rumah
Sumber :
  • Pixabay

Cirebon, 20 November 2023 – Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan suhu udara yang cukup panas. Hal ini membuat banyak orang membutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan di rumah.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Namun, penggunaan AC yang tidak tepat dapat membuat tagihan listrik membengkak. Bukan hanya itu, perangkat penyejuk udara tersebut juga berisiko mengalami kerusakan.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini. Pertama yaitu memasang tirai atau gorden pada jendela.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih panas. Oleh karena itu, pasang tirai atau gorden untuk menghalangi sinar matahari masuk. Pilih tirai atau gorden yang berwarna terang agar dapat memantulkan cahaya matahari. 

AC baru Midea

Photo :
  • Dok: Midea
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Berikutnya, atur suhu AC dengan tepat. Suhu AC yang terlalu rendah dapat membuat AC bekerja lebih keras dan meningkatkan konsumsi listrik. Oleh karena itu, atur suhu AC dengan tepat, yaitu sekitar 25-27 derajat Celcius.

Tutup pintu dan jendela saat AC menyala, sebab sinar matahari dan udara panas dari luar ruangan dapat membuat AC bekerja lebih keras. Oleh karena itu, penting untuk menutup pintu dan jendela saat AC menyala.

Bersihkan filter atau saringan AC secara rutin. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan saringan maupun perangkat AC sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Midea Indonesia, yang berkolaborasi dengan diler resmi AIO Store dan ACQ menggelar kampanye cuci AC selama dua bulan pada bulan September sampai November secara gratis kepada konsumen.

“Midea hadir di Indonesia tidak hanya berorientasi pada penjualan semata, kami juga ingin terus berusaha meningkatan layanan purna jual. Salah satunya dengan menggelar event cuci 2.000 AC,” ujar President Director Midea Indonesia, Jack Ding, dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

Kegiatan mencuci AC tidak dikhususkan pada merek Midea Indonesia saja, namun juga semua merek tanpa membeda-bedakan. Uniknya, acara tersebut mendapat apresiasi lewat penghargaan Rekor MURI karena
jumlahnya yang mencapai 2.000 unit AC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya