Apa Penyebab Terjadinya Pemutihan Karang?

Pemutihan karang di Kepulauan Seribu.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Tekno – Pemutihan karang atau coral bleaching merupakan fenomena yang dapat terjadi, salah satunya akibat kenaikan suhu permukaan laut.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Pemutihan Karang paling parah terjadi pada 2015 di mana lebih dari 40 persen terumbu karang di dunia dilaporkan terpapar suhu permukaan laut yang lebih tinggi dari suhu normal termasuk sebagian besar terumbu karang di Indonesia.

Pemutihan karang terjadi akibat proses di mana karang berubah warna menjadi putih karena stres yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Hal ini menyebabkan alga simbion yang tinggal pada karang hilang. Salah satunya karena suhu air terlalu panas. Karang yang ditinggalkan tersebut akan berubah warna menjadi putih.

Pada kondisi yang berkepanjangan, coral bleaching dapat menyebabkan kematian. Efek yang terjadi tidak hanya pada karang secara individu, tetapi juga pada sebagian maupun keseluruhan terumbu karang.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Pada akhir tahun ini, diprediksi oleh National Oceanic and Atmospheric Administration/NOAA akan terjadi pemutihan karang di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya Kepulauan Seribu.

"Pertengahan Bulan Desember ini, para ahli di lapangan sudah melihat adanya potensi pemutihan karang. Kemudian, informasi itu diperkuat oleh temuan salah satu mitra kami di Kepulauan Seribu, Komunitas Mazu Divers, yang lapor telah terjadi pemutihan karang di sekitar Pulau Pramuka dan Pulau Panggang," kata pakar penginderaan jarak jauh dan sistem informasi geografis IPB, Syamsul Bahri Agus, Sabtu, 30 Desember 2023.

Untuk itu, sebagai tindak lanjut dari laporan tersebut, Syamsul mengaku membentuk tim yang terdiri dari berbagai bidang kepakaran ekologi terumbu karang, osenografi fisika, dan penginderaan jarak jauh serta sistem informasi geografis.

"Tim khusus akan mempelajari fenomena pemutihan karang. Kasus ini bukan pertama kali terjadi. Pemutihan karang pernah terjadi di Kepulaaan Seribu tahun 1997 dan 1998," tegas dia.

Senada, Ketua Tim Peneliti Coral Bleaching ITK-FPIK-IPB, Beginer Subhan, menemukan adanya pemutihan karang berdasarkan laporan dari komunitas, nelayan, dan wisatawan di perairan Pulau Pari, Pulau Air, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Gosong Pramuka, Pulau Jukung, Pulau Kotok, serta Pulau Macan.

Menurutnya, hasil pengamatan cepat pada 29 Desember 2023 di Area Perlindungan Laut (APL) Gosong Pramuka Bersama MaZu Divers, ditemukan pemutihan karang terjadi pada kedalaman 2 hingga lebih dari 15 meter.

Dengan menggunakan drone, ia dan tim melihat coral bleaching atau pemutihan karang seluas 7 hektare di perairan APL.

"Kami juga melakukan penandaan di beberapa koloni karang yang mengalami pemutihan dengan tujuan untuk melihat pengaruh pemutihan terhadap karang lain nantinya. Kami akan pantau secara berkala," jelas Beginer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya