Apple: Jangan Simpan iPhone di Beras Setelah Kemasukan Air

Ilustrasi Iphone direndam dalam beras
Sumber :
  • Now Toronto

Jakarta – Kamu pasti pernah mendengar ‘isu’ bahwa jika iPhone kamu kemasukan air, maka sebaiknya kamu memasukkan iPhone tersebut ke dalam beras, kan? Ternyata, raksasa teknologi Apple mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah tindakan yang tepat.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Awal tahun ini, Apple diam-diam menerbitkan pedoman baru tentang apa yang harus dilakukan jika air masuk ke dalam iPhone. Biasanya, ketika ponsel, atau perangkat elektronik apa pun basah, salah satu tindakan yang umum dilakukan adalah memasukkannya ke dalam beras. Teorinya adalah biji-bijian mentah dapat menyerap kelembapan.

Namun dokumen dukungan terbaru Apple melarang pengguna iPhone melakukan hal tersebut, dengan mengatakan bahwa butiran kecil beras sebenarnya dapat merusak ponsel jika misalnya, ada partikel yang masuk ke dalam port.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

iPhone 15 Pro.

Photo :
  • TechCrunch

Menurut Apple, pengguna juga sebaiknya tidak mencoba mengeringkan iPhone yang lembab dengan memasukkan "benda asing" seperti kapas atau handuk kertas ke dalam port, atau menggunakan sumber panas eksternal seperti pengering rambut.

Apple Bagi-bagi Undangan

Namun, pedoman yang diperbarui menawarkan beberapa saran tentang apa yang dapat dilakukan pengguna dengan aman. Misalnya, jika pengguna mencolokkan iPhone ke stopkontak yang dilengkapi aksesori petir dan muncul peringatan "Cairan Terdeteksi", segera cabut kabel dari kedua ujungnya.

Setelah kabel dicabut, ketuk perlahan iPhone ke tangan dengan port menghadap ke lantai agar cairan berlebih bisa keluar bisa keluar dari ponsel. Setelah itu, simpan ponsel di tempat kering yang memiliki aliran udara minimal selama 30 menit, lalu coba isi dayanya.

Jika peringatan deteksi cairan muncul untuk kedua kalinya, cabut kabel daya dan biarkan ponsel Anda benar-benar kering hingga 24 jam. Setelah menunggu, coba isi daya ponsel lagi.

Jika ponsel masih tidak mengisi daya, cabut sebentar kabel dari adaptor dan adaptor dari dinding, lalu sambungkan kembali.

Ilustrasi Iphone direndam dalam beras

Photo :
  • Now Toronto

Dan jika semuanya gagal, pengguna berarti perlu membawa iPhone tersebut ke toko elektronik atau, paling buruk, mempertimbangkan untuk membeli ponsel tersebut.

Meskipun demikian, ponsel Anda yang basah mungkin masih memiliki peluang untuk bertahan. Video uji jatuh iPhone 6 menunjukkan bahwa versi 2014 terus berfungsi setelah dicelupkan ke dalam air. Bertahun-tahun kemudian, iPhone 11 Pro lulus uji ketahanan air serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya