iPhone 5 Punya Fitur Peringatan Gempa

Foto rumor Apple iPhone 5
Sumber :
  • bgr.com

VIVAnews - Apple akan memperkenalkan sebuah fitur inovatif untuk iPhone 5 versi Jepang. Fitur baru dari Apple itu akan membantu pengguna untuk memberi peringatan sebelum gempa tiba.

Seperti dikutip dari Tech Gadgets Web, 23 Agustus 2011, fitur pendeteksi gempa telah menjadi fitur yang sangat umum pada ponsel merek lokal. Namun demikian, bagi ponsel impor, fitur tersebut belum pernah ada sebelumnya.

Pada ponsel besutan Apple itu, peringatan menggunakan nada dering khusus akan aktif meskipun handset telah diatur ke dalam modus silent.

Cara kerjanya, pengguna bukan akan sering mendapatkan peringatan. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Majalah Time tentang bagaimana sebuah sistem peringatan dini beroperasi, peringatan akan berbunyi segera setelah gempa terjadi.

Seperti diketahui, Jepang merupakan negara yang memiliki sistem peringatan dini terhadap gempa yang paling maju di dunia. Sebuah sistem online nasional diluncurkan pada tahun 2007, termasuk peringatan dini gempa lewat seluler.

Layanan ini aktif berdasarkan tanda-tanda awal setelah gempa bumi terjadi, yakni getaran kecil yang bergerak lebih cepat dari gedung kemudian menuyusul guncangan gempa itu sendiri.

Berdasarkan jarak pengguna dari pusat gempa, pengguna dimungkinkan  untuk mendapatkan peringatan selama 90 detik atau beberapa menit sebelum gempa benar-benar terjadi. (eh)

Menlu AS Bersedih dengan Keadaan Masyarakat Gaza Saat Lebaran
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto

Pesan Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto kepada Warga yang Mudik Lebaran

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto Ingatkan Warga Mudik Lebaran Hati-Hati.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024