Mengenal Smartphone Pertama di Dunia

IBM Simon, smartphone pertama dunia
Sumber :
  • shiftdelete.net

VIVAnews - Saat ini, ponsel menjadi sebuah kebutuhan yang tidak lagi digunakan sebatas untuk menelpon atau mengirim pesan pendek atau SMS. Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, fungsi ponsel kini berkembang dalam memenuhi kebutuhan komunikasi melalui internet dan sejumlah aplikasi hiburan.

Produsen ponsel pun kini terus mengembangkan produksi smartphone. Tak hanya itu, sejumlah perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi pun menjadikan pasar smartphone bergairah dengan persaingannya dalam mengembangkan sistem operasi penunjang smartphone.

Padahal, bila dibandingkan smartphone yang ada saat ini, smartphone pertama yang dibuat bisa dibilang jauh sederhana. Memulai debutnya pada tahun 1993 di konferensi Wireless Sedunia, Perusahaan BellSouth Cellular meluncurkan IBM Simon sebagai smartphone pertama di dunia.

Seperti dikutip dari laman Mashable, berat smartphone pertama ini hanya sekitar 1 pon atau 0,5 kilogram. IBM Simon merupakan cikal bakal PDA-phone yang menggunakan layar sentuh LCD (LCD touchscreen).

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Smartphone pertama ini juga menjadi ponsel pertama yang tak memiliki tombol pijat dan menggunakan layar sentuh dengan bantuan stylus. Selain itu, ponsel ini juga memiliki on-screen keyboard QWERTY.
 
Saat pertama diluncurkan, Simon dipromosikan sebagai ponsel yang fungsinya lebih dari sekedar suara. Simon diperkenalkan sebagai perangkat canggih yang menggunakan teknologi wireless dan bisa berfungsi sebagai pager, mengirim email, kalendar, buku agenda, buku alamat, kalkulator, hingga membuat sketsa elektronik.

Saat itu, Simon dipasarkan dengan harga sekitar US$899 atau sekitar Rp8 juta. Jelas harga ini jauh lebih mahal dari harga sebuah iPhone, BlackBerry, atau smartphone berbasis Android yang dijual saat ini.

Simon hanya diproduksi sebanyak 2.000 unit. Dengan terbatasnya produksi Simon, tak heran jika saat ini Simon menjadi incaran para kolektor. (eh)

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahawa pemain keturunan tidak dibayar supaya mau dinaturalisasi dan membela TImnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024