Ini Asal Usul Logo NASA

Logo NASA
Sumber :
  • http://seabass.gsfc.nasa.gov/
VIVA.co.id
Ramai Disebut Diadopsi Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Akhirnya Terungkap Wajah Gemas Bayi Lily
- Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merupakan badan antariksa yang populer. Namun tak banyak yang tahu, kemunculan NASA berawal dari lembaga lain yang berbasis penerbangan.

Ganas, Oxford United Catat Rekor Kemenangan Terbesar

Sebelum NASA lahir, negeri Paman Sam memiliki lembaga yang menjadi benih NASA. Lembaga tersebut adalah National Advisory Committee for Aeronautics (NACA).

Dikutip dari Space.com, Selasa, 21 April 2015, dahulu lambang NACA pun berbeda dari lambang NASA saat ini. Lambang NACA mirip dengam lambang sayap membentang.

Menilik sejarah, kemunculan NACA berkaitan dengan awal masa Perang Dunia I. Pada 1914, AS dan Eropa terlibat pengembangkan teknologi penerbangan. Sekitar setahun kemudian, 3 Maret, Kongres AS membentuk NASA untuk mendukung pengembangan inovasi penerbangan.

"Misi ini adalah bagian dari pengawasan dan studi ilmiah langsung masalah penerbangan dengan sudut padang solusi praktis," ujar Charles Bolden, Administrator NASA mengulas sejarah kelahiran NASA.

Kemudian pada 1950-an, persaingan sengit melawan Uni Soviet membuat pemerintah Paman Sam itu membentuk badan baru. Diketahui pada 1957, kompetitor AS, Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit buatan pertama di dunia, Sputnik.

Guna merespons sang kompetitor itu,  pemerintah AS membentuk badan baru. Maka setahun kemudian, AS membentuk badan baru untuk menyaingi teknologi Uni Soviet. Badan baru itu dinamai National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Lahirnya NASA kemudian menyedot karyawan dan pekerja NACA. Pada 1 Oktober 1958, banyak staf NACA yang diminta pindah ke NASA dengan tawaran posisi tingkat tinggi. Para staf NACA yang bergabung dengan NASA diminta melanjutkan riset penerbangan dengan fokus eksplorasi antariksa.

Dari situlah kemudian NASA berkembang menjadi badan antariksa di dunia yang diperhitungkan. Bolden berharap visi NSA dapat terus dikembangkan ke masa depan.

Puncak Arus Balik, Banyak Pemudik Keletihan Pilih Tidur di Pelabuhan Bakauheni

Logo NACA (Space.com)

"Saya berharap hal ini akan menarik kedatangan Anda untuk mendalami sejarah penerbangan dan mengisnpirasi untuk paa pengunjung menjadi pelopor penerbangan di masa depan," ujar Bolden.

Untuk menandai satu abad usia NACA, maka NASA menyumbangkan logo NACA kepada Museum Nasional Luar Angkasa dan Udara Smithsonian. Sumbangan itu disampaikan pada Maret lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya