10 Lagu Paling Legendaris Sepanjang Masa Versi Ilmuwan

Kurt Cobain
Sumber :
  • REUTERS/Lee Celano/Files
VIVA.co.id
Single Terbaru Yura Yunita Libatkan Dua Negara
- Beberapa peneliti melakukan analisis terhadap sejumlah lagu yang dianggap paling legendaris sepanjang masa. Mereka pun mengklaim telah menentukan 50 lagu paling ikonik.

Delapan Cara Kreatif Hasilkan Uang dari Musik

Lagu milik Nirvana bertajuk
Yura Yunita, Glenn Fredly dan Kisah Cinta di Negeri Sakura
Smells Like Teen Spirit dinobatkan sebagai lagu paling dikenang. Lagu tersebut dianggap menjadi lagu kebangsaan para apatis, remaja dunia yang hidupnya penuh dengan kecemasan, dan menjadi hit paling besar meski Nirvana memiliki karier yang sebentar.

Banyak kritik yang terlontar saat lagu itu diluncurkan di masanya. Namun kini, beberapa ilmuwan komputer malah menganggapnya sebagai lagu paling ikonik di antara 50 lagu lainnya yang pernah dibuat oleh musisi senior.

Dalam penelitiannya, Dr. Grierson meneliti tujuh daftar lagu terbaik yang pernah dikeluarkan oleh majalah musik ternama, seperti Rolling Stone, VH-1, NME dan Q Magazine, serta beberapa surat kabar. Kemudian, dia menggunakan
software
analisis untuk menentukan apa yang membuat lagu ini bisa menjadi ikonik, berdasarkan kunci lagu, jumlah nada per menit, variasi nada, konten lirik, dan beberapa varian lain di dalam musik.


"Kami melihat serangkaian ukuran untuk tiap lagu kemudian membandingkannya. Ini untuk melihat kesamaan dalam rekaman yang muncul di lagu lain. Kami temukan kesamaan yang signifikan adalah karena mereka menggunakan nada yang beragam, dengan cara yang dinamis dibandingkan lagu lain. Inilah yang membuat lagu mereka menarik untuk didengar dalam waktu lama," ujar Dr. Mick Grierson, seorang ahli komputer yang juga musisi dari University of London, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Jumat, 25 September 2015.


Grierson melakukan analisis ini berdasarkan permintaan dari produsen otomotif, Fiat. Perusahaan itu ingin memakai lagu yang paling ikonik itu untuk mempromosikan Fiat 500.


Dalam temuan Grierson, 50 lagu yang masuk daftar analisisnya dianggap sebagai lagu yang terbaik. Sekitar 80 persen lagu itu menggunakan kunci mayor dengan proporsi yang sama di kunci A,E,C, atau G. Dia juga melihat, rata-rata tempo yang digunakan sekitar 125 BPM, meski sekitar 40 persen merupakan 120 BPM.


"Kebanyakan lagu itu memiliki sekitar 500 ketukan nada di keseluruhan lagu. Ada juga beberapa yang jumlah ketukan nadanya dua kali lipat, seperti
Stairway to Heaven
milik Led Zeppelin. Kebanyakan lagu juga memiliki beberapa kata yang sama dan berulang seperti 'Baby', 'Feel', 'Love' dan 'Nah'," kata Grierson.


Berikut 10 lagu dari 50 lagu yang dianggap paling dikenang sepanjang masa.


1.
Smells Like Teen Spirit

2.
Imagine
, John Lennon

3.
One
, U2

4.
Billie Jean
, Michael Jackson

5.
Bohemian Rhapsody
, Queen

6.
Hey Jude
, The Beatles

7.
Like A Rolling Stones
, Bob Dylan

8.
I Can't Get No Satisfaction
, Rolling Stones

9.
God Save The Queen
, Sex Pistols

10.
Sweet Child O'Mine
, Guns N Roses

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya