Masuk Kota Kreatif Dunia, Bandung Sejajar dengan Budapest

Gedung Sate Bandung.
Sumber :
  • bdg.co.id

VIVA.co.id - Berada di bawah pimpinan Ridwan Kamil sebagai Wali Kota, Bandung terus menunjukkan kian prestasinya. Kini, Ibu Kota Jawa Barat itu masuk dalam jajaran 47 kota kreatif versi Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, Persatuan Bangsa-Bangsa (Unesco) di seluruh dunia.

Unesco mengumumkan anggota baru ke-47 kota di seluruh dunia yang dinyatakan sebagai kota kreatif. Dari puluhan kota tersebut, terselip nama Bandung sebagai Kota Desain Dunia.

Terdapat tujuh kategori untuk masuk dalam keanggotaan kota kreatif oleh Unesco, yakni kota kreatif kategori Kerajinan dan Kesenian Tradisional, Desain, Film, Gatronomy, Sastra, Media dan Seni Musik.

Tak ayal, pengumuman itu membuat Ridwan Kamil bangga. Pria yang sering disapa Kang Emil itu, kemudian memamerkan prestasi tersebut di akun instagramnya.

"Yes. Setelah 3 tahun berjuang, kemarin Bandung dianugerahi PBB sebagai Kota Desain Dunia, bergabung dengan Unesco Creative Cities Network. Warga Bandung, mari kita kerenkan fashion, komunikasi visual, arsitektur gedung, interior, dan ruang-ruang publik kita dengan desain progresif. Mangprang!," tulis Kang Emil dikutip dari akun Instragram dia, Senin, 14 Desember 2015.

Seruan pria berkacamata itu tak salah. Sebab diketahui, untuk menjadi kota kreatif dunia, maka kota tersebut harus mengimplementasikan

Disebutkan, kota seperti Adelaide, Barcelona, Detroit, Liverpool, Montevideo, Nottingham, Parma, Phuket, Roma, Santos, dan Singapura masuk ke dalam 47 kota anggota baru yang diumumkan oleh Unesco sebagai kota kreatif dunia. Sementara dilihat dari sisi kategori Kota Desain Dunia, maka Bandung sejajar dengan Budapest, Kaunas, Puebla, dan Singapura.

Sejak diluncurkan 2004, sampai sekarang anggota kota kreatif versi Unesco ini berjumlah 116 kota yang tersebar di penjuru dunia. Program ini ditujukkan untuk mendorong kerjasama internasional antarkota, yang saling berkomitmen dalam investasi kreativitas.

Sebelumnya, pada bulan lalu, Bandung juga masuk enam kota terbaik seluruh dunia soal pelaksanaan program Smart City. Bandung resmi disejajarkan dengan Buenos Aires (Argentina), Curitiba (Brazil), Dubai (Uni Emirat Arab), Moskow (Rusia), dan Peterborough (Inggris).

Penghargaan tersebut bersumber pada gelaran Smart City Expo World Congress di Barcelona.

Jalan Tol Dalam Kota Bandung Ditargetkan Selesai 2018
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil: Tahun Depan Warga Bandung Punya Bus Listrik

"Mobil listrik adalah pilihan terbaik untuk masa depan."

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016