29-11-1961: Astronot Hewan Pertama yang Mencapai Orbit Bumi

Simpanse Enos
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id – 55 tahun lalu, menjadi momen bersejarah bagi misi orbit Bumi. Saat itu, satelit Amerika Serikat pertama yang diluncurkan roket Mercury-Atlas 5 membawa astronot binatang ke orbit Bumi. Roket itu diluncurkan dari fasilitas Cape Canaveral, Amerika Serikat.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Dikutip dari Todayinsci, Senin 28 November 2016, astronot hewan yang meluncur bersama roket itu adalah simpanse berusia lima tahun bernama Enos. 

Tercatat Enos merupakan simpanse pertama yang mencapai orbit Bumi dan simpanse kedua yang diluncurkan ke antariksa.

Ini 5 Sistem Pertahanan Udara Israel yang Bekerja Lembur Cegat Rudal Balistik Iran

Selama penerbangan, Enos melakukan beberapa tugas, di antaranya menarik tuas. Enos menjalani tes psikologi selama 16 bulan sebelum penerbangan. Hewan ini tercatat telah menjalani 1250 jam pelatihan di Universitas Kentucky dan Holloman Air Force Base. Tapi, menariknya Enos dipilih tiga hari sebelum peluncuran misi. 

Hasil tes menunjukkan, Enos dengan baik menjalankan tugas, hanya sedikit mengalami kesalahan dalam test.

6 Bulan Lembur Tangkal Roket Hamas, Israel Kini Perang Berjibaku Hadapi Rudal Iran

Saat itu, Enos mengorbit selama 3 jam 30 menit, hewan itu menyelesaikan orbit pertamanya dalam 1 jam 28,5 menit. Sesuai rencana, Enos dijadwalkan untuk menyelesaikan tiga misi orbit. Tapi misi akhirnya dibatalkan karena muncul dua masalah yaitu panas terlalu kapsul dan mala-fungsi pendukung untuk penelitian terhadap simpanse tersebut.

Pencapaian Enos itu mendahului manusia yang mencapai mengorbit Bumi. Setelah keberhasilan Enos, tercatat pada 20 Februari 1962, tiga bulan setelah pencapaian Enos, John Glenn mampu mencapai orbit Bumi dan menjadikan dia sebagai orang AS pertama yang mencapai orbit. Sebelumnya dua astronot yaitu Alan Shepard dan Gus Grissom sukses menjalani penerbangan suborbit. 

Ilustrasi kiamat.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Al Quran dan penelitian ilmiah mengungkap berbagai teori dan fenomena yang menandakan kedatangan kiamat. Ajaran Islam telah lama mengakui kepercayaan akan hari kiamat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024