31-12-2009: Blue Moon dan Gerhana Bulan di Malam Tahun Baru

Gerhana Bulan sebagian pada malam tahun baru mulai muncul
Sumber :
  • www.spaceweather.com/Bruce Chandler

VIVA.co.id – Malam tahun baru tujuh tahun lalu terasa istimewa. Sebab hari terakhir 2009 terjadi dua fenomena alam bersamaan pada malam pergantian tahun baru. Pada 31 Desember 2009, terjadi Gerhana Bulan sebagian dan fenomena blue moon. 

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Dua fenomena terjadi bersamaan dalam satu momen itu tergolong langka. Dikutip dari Spaceweather, Jumat 30 Desember 2016, katalog Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyebutkan fenomena Gerhana Bulan sebagian dan blue moon pada malam tahun baru itu unik. 

Data Five Millennium Catalogue of Lunar Eclipses NASA menunjukkan, peristiwa itu hanya terjadi 11 kali dalam satu milenium. 

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

Soal penampakan, laman Spaceweather menyebutkan, Gerhana Bulan sebagian 8 persen terlihat dari kawasan Eropa, Asia, Afrika dan sebagian Alaska, Amerika Serikat. 

Laman Space.com, menegaskan jangan berharap penampakan blue moon adalah bulan purnama biru. Itu hanya istilah saja yang dipopulerkan untuk menyebut penampakan langka tersebut. 

Jam Berapa Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dilihat di Indonesia Hari Ini?

Dalam catatan sejarah, istilah blue moon telah digunakan dalam almanak petani Maine untuk menggambarkan bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender.

Istilah blue moon kian populer, setelah majalah Sky & Telescope mempublikasikan tentang kesalahpahaman soal blue moon pada 1946 silam.

Namun, Space.com menuliskan, ada potensi penampakan bulan purnama langka itu mirip biru, jika ada erupsi vulkanik besar yang melepaskan berton-ton partikel di udara.

Dalam situsnya, NASA mencatat fenomena blue moon yang muncul berwarna biru pernah terjadi saat ada letusan Gunung Krakatau pada 1883. 

NASA mengatakan, pada saat itu orang-orang mengaku melihat blue moon hampir sepanjang malam, setelah Krakatau meletus. 

Penampakan bulan berwarna biru dilaporkan juga muncul pada 1983. Pada saat itu, orang-orang melihat bulan biru, setelah erupsi Gunung El Chichon, Meksiko. Laporan penampakan bulan biru juga dilaporkan akibat aktivitas Gunung St. Helens pada 1980 dan Gunung Pinatubo pada 1991. 

Selain debu vulkanik, kebakaran hutan juga bisa mengubah penampilan Bulan dari Bumi. Kasus ini pernah terjadi pada saat kebakaran danau raksasa di Alberta, Kanada pada September 1953.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya