Mendapatkan Foto Selfie yang Sempurna

Reza Rahadian berfoto selfie bersama para penggemarnya
Sumber :
  • Dok.Oppo

VIVA.co.id – Smartphone kebanyakan saat ini mengandalkan kamera untuk selfie. Ini telah menjadi tren di kalangan para pengguna smartphone, terutama milenial. Tak ada hari tanpa mengambil foto selfie.

Beda Oppo Reno7 5G dengan Reno7 Z 5G yang Melenggang di Indonesia

Untuk bisa menghadirkan foto selfie yang sempurna memang dibutuhkan trik khusus, ditambah dengan perangkat yang mumpuni. Meski tidak harus sesempurna selfie ala Kim Kardashian namun setidaknya mampu memamerkan kelebihan yang ada dalam wajah anda.

Info dari beberapa sumber yang dikumpulkan VIVA.co.id, setidaknya ada hal-hal yang harus dilakukan oleh para pengguna untuk bisa mendapatkan foto selfie yang mumpuni, berikut beberapa tipsnya,

Oppo Mau Kasih Kejutan Lagi di Indonesia

1. Cahaya
Cahaya sangat penting untuk menunjukkan wajah yang cerah dan hasil foto yang tajam. Namun cahaya juga harus bisa menonjolkan sisi yang kita inginkan dan harus menyembunyikan bagian yang tidak ingin di-ekspos. Ingat, sebisa mungkin gunakan cahaya natural, seperti cahaya matahari.

2. Aplikasi
Tidak semua smartphone memiliki aplikasi untuk bisa membuat foto selfie yang sempurna. Padahal aplikasi seperti Beauty memiliki jasa yang besar dalam setiap foto selfie. Dengan aplikasi Beauty, misalnya yang ada di Oppo F3, pengguna bisa mengatur seberapa sempurna wajah yang akan difoto. Intinya, semua bintik-bintik di wajah bisa hilang dan wajah anda terlihat 'flawless', dengan sedikit efek merah pada pipi sehingga lebih cantik.

Jajaran Oppo Reno7 Mendarat Mulus di Indonesia, Tebak Berapa Harganya

Oppo F3 memiliki Beautify versi 4.0 yang disesuaikan dengan keadaan kulit warga di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Hasilnya adalah kulit alami dan halus, membersihkan setiap ketidaksempurnaan. Beautify 4.0 akan memberikan kontur wajah yang jelas dengan tone, shadows, lightsyang berimbang. Pengguna dapat memilih untuk membuat gambar selfie terlihat kuat dan bercahaya atau membiarkan apa adanya. Selain itu, ada berbagai filter untuk menambah keseruan selfie.

3. Wide Angle
Wide Angle sangat berguna untuk bisa menangkap semua objek yang ada di belakang saat selfie. Fitur ini juga sangat membantu untuk bisa memfoto anda bersama teman-teman di satu frame. Di Oppo F3, dual kamera yang tersemat bisa difungsikan untuk dua hal berbeda. Satu kamera untuk foto selfie dan kamera lainnya untuk group selfie. Kedua kamera memiliki kombinasi 16 megapiksel dan 8 megapiksel dan wide angle 120 derajat. Dengan demikian tak perlu lagi tongsis untuk mengeker wajah, atau meminta pelayan restoran untuk membantu memotret.

4. Posisi wajah
Posisi wajah yang baik juga bisa memberikan hasil foto selfie yang sempurna. Di situs Marie Claire, Kim Kardashian memberikan tips foto selfie berupa posisi kamera smartphone yang selalu ada di atas kepala, ditambah dengan wajah yang sedikit menunduk. Istri Kanye West ini juga kerap berfoto selfie dengan 'duck face' karena diakuinya duck face membuat tulang pipi lebih terlihat dan wajah pun terkesan tirus.

5. Lensa dan Storage
Fitur utama untuk selfie memang kamera depan. Selain resolusi yang mumpuni, harus juga dilengkapi dengan lensa dan prosesor ciamik. Di Oppo F3, kamera depannya beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0. Ini berguna untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk melalui lensa ke sensor kamera.

Terlalu banyak cahaya yang lewat akan membuat foto menjadi terlalu terang (overexposure) dan sebaliknya jika terlalu sedikit akan membuat foto menjadi gelap (underexposure). Untuk urusan penyimpanan foto, Oppo F3 dilengkapi RAM 4GB dan ROM 64GB dengan kapasitas penyimpanan hingga 128GB via microSD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya