Tips Belajar Online Anak dengan Mudah

Ilustrasi siswa SD sedang melaksanakan kegiatan belajar online di masa pandemi COVID-19.
Sumber :

VIVA – Penerapan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menimbulkan masalah baru bagi anak-anak didik. Hal ini juga bagian serius yang dihadapi orang tua di rumah di masa pandemi Covid-19 ini.

Disdik Depok Kesulitan Atur Jadwal Guru untuk PJJ, Siswa Masih Belajar Tatap Muka

Kondisi baru seperti belajar online ini harus diatasi dengan tepat oleh semua pihak agar proses PJJ ini berjalan dengan baik dan berhasil mencapai tujuan pendidikan itu sendiri.

Professional Coach dan Founder & CEO Leadership Resources Indonesia, Eval Wari, menegaskan orang tua harus menjadi sahabat anak di masa pandemi ini. 

Pelajar di Jaksel dan Jakpus Belajar dari Rumah Selama KTT ASEAN, Menurut Pj Gubernur DKI

"Orang tua harus memahami kendala yang dihadapi oleh seorang anak dalam proses PJJ, seperti misalnya sulit fokus, tidak mengerti materi, banyak tugas tidak tuntas, kangen sekolah, dan lain-lain," ujarnya dalam Diskusi Seri 4 IPB ’33 Tan96uh: Kebiasaan Anak pada Masa Pandemi, yang digelar virtual, Minggu 4 Juli 2021.

Oleh karena itu, lanjur Eval Wari, orang tua harus hadir sepenuhnya saat berkomunikasi dengan anak, bukan hanya sekadar menanyakan tugas-tugas sekolah, tapi berupaya untuk menangkap dan memahami kata-kata, emosi dan makna tersirat dalam berinteraksi dengan anak.

UGM Sebut Adopsi Teknologi Pendidikan yang Bisa Dilanjutkan Pasca Pandemi Covid-19

Selain persoalan interakasi anak dan orang tua, persoalan lain juga haus diperhatikan seperti ketersediaan gawai dan kemudahan akses internet yang mengarah pada penggunaan teknologi yang tidak sehat juga menjadi masalah besar lainnya bagi anak-anak dan orang tua. 

"Ditambah dengan ketersediaan waktu luang akibat PJJ dan WFH. Kombinasi tersebut dapat menimbulkan efek negatif dalam pola pengasuhan anak apabila tidak dikontrol dengan baik," tandas dia. 
 

Kampus siber Kementerian Agama RI

Peminat Membludak, Kemenag Siap Jalankan Penuh Program Cyber Islamic University di 2024

Program pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini merupakan salah satu dari tujuh program prioritas yang ditetapkan Kemenag di kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023