Peran Ayah Menjaga Pertumbuhan Anak Tak Kalah dengan Ibu

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Peran seorang ayah dalam membesarkan buah hati sangatlah penting. Perannya tak kalah pentingnya dengan peran ibu dalam mengasuh dan membesarkan anak.

Viral Sosok Wanita Tersubur di Dunia, Lahirkan 44 Orang Anak Tanpa Suami yang Menafkahi

Rini Hildayati seorang psikolog dan dosen dari Universitas Indonesia mengatakan bahwa melibatkan ayah dalam pengasuhan anak, adalah cara yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

"Ayah bisa menjadi sosok contoh untuk anak, tetapi juga bisa menjadi sosok yang penuh kasih layaknya ibu," kata Rini.

Dia juga menjelaskan, keterlibatan ayah dalam proses pengasuhan dan perawatan anak, dapat meningkatkan stimulasi pada otak anak, yang berdampak baik pada fungsi kognitif, motorik, hingga emosi sang buah hati.

Beberapa studi juga dikutip oleh Rini, dan menjelaskan bahwa peran ayah dapat membuat anak lebih kuat dan cerdas secara akademis.

"Sebagian besar kegiatan anak bersama ayah, diisi dengan kegiatan outdoor, yang melibatkan fisik. Hal ini dapat membuat anak lebih berani, tak mudah sakit, dan mudah bersosialisasi, juga berkomunikasi," ucap dia.

Untuk itu sebaiknya ayah, jangan lagi menyerahkan semua perihal mengurus anak pada sang istri, karena ayah juga bisa menjadi sosok yang berperan baik.

"Bisa dilakukan dengan cara yang mudah seperti memandikan, memberi makan, atau memakaikan pakaiannya, itu bisa sangat membantu," ujarnya. 

Wanita yang dikatakan sebagai kekasih rahasia Kim Jong Un, Hyon Song Wol

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Pemimpin diktator Kim Jong Un diisukan memiliki 'kekasih rahasia', yang mana adalah seorang penyanyi. Sosok tersebut adalah seorang bintang pop.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024