Syarat Siswa Daftar Sekolah, Sudah Punya Sertifikat Vaksinasi

Pendaftaran Sekolah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

VIVA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, Maluku Utara akan menerapkan persyaratan sertifikat vaksinasi untuk siswa mendaftar masuk sekolah di berbagai tempat di wilayah itu.

"Memang ini merupakan kebijakan yang diterapkan di tingkat SMP/MTs/sederajat bila sudah ada surat resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, red.)," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dikbud Kota Ternate Bahtiar Teng di Ternate, Jumat.

Ia menjelaskan saat ini memasuki tahap sosialisasi vaksinasi di tujuh sekolah, yakni SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 4, SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, dan SMP Negeri 7, sedangkan nantinya setelah sosialisasi baru tergantung mereka mau divaksin atau tidak, karena saat sosialisasi itu menghadirkan orang tua.

Ia menjelaskan untuk vaksinasi akan dimulai dari kelas 3. Mereka menjadi contoh untuk  anak-anak lain bahwa bahwa vaksinasi tidak ada efek buruk.

Bahtiar menyatakan setelah orang tua mereka menyetujui anaknya divaksin, kemudian anak-anak diarahkan ke "duafa center" atau sekolah-sekolah, sedangkan Dinas Kesehatan melakukan pendataan bagi siswa yang siap divaksin.

Syarat sertifikat vaksinasi bagi siswa untuk mendaftar sekolah, lanjutnya, akan ditindaklanjuti bila ada surat resmi dari Kemendikbudristek.

"Dan untuk penerimaan siswa baru dengan syarat kartu vaksin itu nanti dilihat perkembangannya dan saat ini belum bisa pastikan, karena harus ada juknis dari kementerian, sehingga kalau Mendikbud (Mendikbutristek) arahkan kebijakan itu, tetap ikuti, tetapi kalau Dikbud paksakan akan menjadi masalah lagi," katanya.

Ia mengatakan juga tentang aturan anak berusia 12-17 tahun untuk mengikuti vaksinasi.

"Saya juga meminta tenaga guru juga mereka harus divaksin, tapi alhamdulillah sudah 50 persen guru-guru sudah divaksin," katanya.

Jaran TNI/Polri di Malut melaksanakan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat Kota Ternate tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan serta pelaksanaan vaksinasi di tengah pandemi COVID-19.

Wakapolda Malut Brigjen Pol Eko Para Setyo Siswanto menyatakan vaksinasi ikhtiar terbaik saat ini guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. Dalam sosialisasi itu, antara lain juga dihadiri Kasrem 152/Babullah Kolonel Inf Wawan Subarja dan Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Adi Sabarudi. (AN)

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa
workshop Swiss German University

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

Swiss German University (SGU) bekerjasama dengan PT Andal Wahana Sinergi (PT AWASIN) dan Pusat Industri Digital Indonesia 4.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024