Komunitas 1000 Guru Jambi Edukasi Anak-anak Pedalaman

Ilustrasi guru dan murid di sekolah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA – Komunitas 1000 Guru Regional Jambi menggelar kegiatan smart center untuk meningkatkan literasi digital anak-anak di daerah pedalaman dan perbatasan Provinsi Jambi agar menjadikan gawai sebagai teman belajar

“Kegiatan ini merupakan salah satu program baru di 1000 Guru Jambi, yang berfokus pada pendidikan anak-anak di daerah tertinggal Jambi. Kami mengenalkan pada anak-anak bahwa tablet ataupun smartphone bisa dijadikan teman belajar,” kata Ketua Pelaksana Smart Center 1000 Guru Jambi, Billy Mainaldi di Jambi, Sabtu.

Pengenalan tablet tersebut adalah salah satu bentuk peningkatan literasi digital.

Billy mengatakan bahwa masih banyak anak-anak yang belum mengenal gawai dan sebagian menggunakan hanya sebatas untuk bermain game saja.

Hadirnya program smart center ini diharapkan dapat membantu anak-anak di daerah tertinggal mengenal dan memahami teknologi smartphone, yang apabila digunakan dengan bijak dapat menjadi keuntungan untuk individu tersebut, misalnya sebagai media pembelajaran.

“Intinya,di program ini kami ingin mengenalkan bahwa teknologi smartphone ini bisa membantu dan menunjang pembelajaran anak-anak bila digunakan dengan tepat,” kata Billy.

Tenaga pengajar Komunitas 1000 Guru Jambi berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, tidak hanya guru tetapi banyak kalangan dari profesi lain misalnya pengusaha, dokter, influencer dan lainnya yang berperan sesuai profesinya masing-masing. (an)

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku
Bangunan SDN 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kabupaten Kolaka

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Beruntung longsor ini terjadi di luar jam pembelajaran anak-anak sekolah hingga tidak menimbulkan adanya korban. "Kejadiannya ini untung anak sekolah sudah pulang semua."

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024