Mahasiswa UTU Meulaboh Aceh Kembangkan Agribisnis Perikanan

Ilustrasi bongkar muat hasil tangkapan perikanan
Sumber :

VIVA – Mahasiswa program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh melakukan pembinaan agribisnis di Desa Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya kalangan nelayan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas sub sistem agribisnis perikanan tangkap yang ada di Kuala Bubon Aceh Barat,” kata Dosen Pendamping Universitas Teuku Umar Meulaboh, Dedy Darmansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Melaboh, Aceh, Senin (20/9).

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan program holistik pembinaan dan pemberdayaan desa (PHP2D) yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2021.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar dalam mengimplementasikan keilmuan yang selama ini didapatkan pada Program Studi Agribisnis Universitas Teuku Umar.

Ketua Program Studi Agribisnis Universitas Teuku Umar Devi Agustia mengatakan kegiatan PHP2D Program Studi Agribisnis yang terfokus pada bagian hulu dan hilir, merupakan langkah dalam mempersiapkan produk perikanan tangkap Kuala Bubon menuju kerjasama mitra industri dalam proses pemasaran yang lebih luas.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan kajian pemasaran perikanan di desa tersebut sehingga hasil risetnya dapat menjadi rujukan untuk kegiatan pengembangan lanjutan.

“Riset-riset yang direncanakan adalah pemetaan hasil tangkapan dan nilai tambah, kepastian ketersediaan stok dan evaluasi penjualan melalui respon konsumen,” katanya. (ant)

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras
Kampus Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura Pontianak. (Istimewa)

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Salah satu dosen Untan yang nilainya dipalsukan meminta Rektorat membuka secara transparan pelanggaran kode etik berat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024