Maluku Syaratkan PTM Vaksinasi Siswa-Guru 80 Persen

Ilustrasi siswa malaksakan pembelajaran tatap muka (PTM).
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Dinas Pendidikan Provinsi Maluku menyatakan syarat untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) adalah capaian vaksinasi terhadap siswa dan pendidik di seluruh sekolah minimal 80 persen.

"Diharapkan semua sekolah sudah harus 80 persen ke atas. Tapi, saya melihat ada beberapa sekolah yang belum melakukan vaksinasi. Ini sudah diberi peringatan untuk semua bahwa vaksinasi di atas 80 persen baru bisa melaksanakan PTM secara terbatas untuk masing-masing sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Maluku Insun Sangadji di Ambon, Jumat.

Menurut dia, sebagian besar pelajar di Kota Ambon sudah mendapat vaksinasi. Meskipun begitu, jika ada sekolah yang capaian vaksinasinya belum 80 persen, tidak diizinkan untuk sekolah tatap muka.

"Jadi, sekolah-sekolah capaian vaksinasinya belum 80 persen, jangan lah. Ini orang bilang bukan syarat, tapi kalau ada yang terpapar bagaimana? Jadi, sebaiknya itu dijadikan syarat agar jumlah yang terpapar berkurang," ucapnya.

Ia menambahkan pihak sekolah saat ini sedang berkoordinasi dengan Satgas dan Dinas Kesehatan untuk menyelenggarakan  PTM sesegera mungkin, karena PPKM Kota Ambon sudah turun ke level dua.

"Jadi, sudah bisa untuk tatap muka. Namun, sekolah-sekolah yang vaksinasinya belum mencapai 80 persen tetap jangan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ambon Wendy Pelupessy mengatakan secara keseluruhan capaian vaksinasi di Kota Ambon 67,9 persen. Sedangkan untuk pelajar sekitar 59,6 persen atau 19.858 dari target 33.322 siswa.

Ia menerangkan Presiden Joko Widodo mengarahkan untuk kementerian bahwa seluruh daerah harus mencapai 70 persen capaian vaksinasi pada akhir Oktober.

“Insya Allah kita bisa usahakan dengan dukungan dari BIN dan yang lain, yang bisa melaksanakan vaksinasi massal untuk mempercepat proses vaksinasi ini," pungkasnya. (ant)

Berkarya dengan Cinta, Terry Persembahan Lagu Istimewa dalam Hawa Surga
Ilustrasi LGBT

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Sebuah sekolah di Florida menyingkirkan sekitar 300-an buku dari rak perpustakaan ke dalam daftar "materi yang dihapus atau dihentikan" karena memuat materi LGBTQ anak.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024