SMK Mamasa Kembangkan Industri Kopi

Biji kopi juria setelah disangrai (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/ Jo Kenaru/ Manggarai Timur-NTT

VIVA – Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendampingi SMK Negeri 1 Kabupaten Mamasa dalam upaya mengembangkan industri kopi.

Wakil Kepala Sekolah SMK 1 Kabupaten Mamasa Libertha, SPd di Mamasa, Minggu, mengatakan, puluhan guru pada jurusan Agriteknologi Hasil Pertanian SMK 1 Mamasa telah mengikuti workshop untuk mengembangkan industri kopi.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga diikuti PT Ritma Hijau Bersinergi yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kewirausahaan sosial dan dalam bidang komoditi kopi.

"PT Ritma Hijau Bersinergi dengan SMK Negeri 1 Mamasa, telah bersepakat dan menjalin kerjasama pengembangan industri kopi, kerjasama itu juga akan didukung Unasman Kabupaten Polman," katanya, Senin (27/9).

Ia mengatakan, SMK1 Mamasa merasa terbantu selama ini dengan bantuan pendampingan Unasman dalam menghadirkan upaya SMK 1 Mamasa menjadi sekolah unggulan dengan mengembangkan industri kopi.

"SMK Negeri 1 Mamasa ke depan akan terus berbenah untuk meningkatkan kualitas lulusannya yang siap memasuki dunia kerja dan dunia usaha khususnya mengembangkan industri kopi.

Ia mengatakan, Mamasa yang berada di pegunugan Provinsi Sulbar, sangat cocok mengembangkan industri kopi karena alamnya yang dingin sehingga komoditas yang potensial dikembangkan di Mamasa membangun ekonomi daerah.

Direktur PT. Ritma Hijau, Aqdar Maskur mengatakan peluang kerja dan usaha dalam perkopian sangat menjanjikan dikembangkan.

"Ada sekitar 10 peluang bisnis di dunia perkopian antara lain pembibitan, petani kopi, perdagangan sarana produksi kopi, perdagangan mesin-mesin kopi, perdagangan Green Beans, Roastery, Ground Coffee, Starling, Warkop, Coffe Shops, Cupper dan Grader yang dapat dikembangkan di Mamasa," katanya.

Ia menyampaikan, isu global komoditi kopi menjadi unggulan karena didukung perubahan iklim, produksi dan konsumsi berkelanjutan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, serta rantai pasarnya yang fair.

Menurur Aqdar, kopi merupakan salah satu komoditi penting yang sangat dipengaruhi oleh perubahan iklim dunia.

Ia juga berharap, dukungan pemerintah dalam pengembangan kopi di Mamasa khususnya di dunia usaha komoditi kopi. (ant)

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha
Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024