Bursa Karier Virtual FTUI Diikuti 13.000 Peserta

Bursa Karier Virtual FTUI Diikuti 13.000 Peserta (Foto/ui.ac.id)
Bursa Karier Virtual FTUI Diikuti 13.000 Peserta (Foto/ui.ac.id)
Sumber :

VIVAFakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menyelenggarakan bursa karier, magang, dan beasiswa, bernama Engineering Career and Internship Fair (ECIF). Sebanyak lebih dari 13.000 peserta mengikuti secara virtual seluruh rangkaian acara ECIF 2021 yang diselenggarakan pada 27 September sampai 1 Oktober 2021. Lebih dari 30 mitra perusahaan/institusi mendukung acara ECIF yang memberikan berbagai informasi lowongan dan beasiswa secara virtual bagi mahasiswa dan alumni FTUI serta masyarakat umum.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan secara virtual melalui laman ecif.eng.ui.ac.id. ECIF 2021 didukung oleh empat sponsor utama, yaitu Astra Grup, Starborn Chemical, PT Paragon Technology and Innovation, dan Philips Industries Batam. Selain empat sponsor utama, kegiatan ECIF juga diikuti oleh perusahaan-perusahaan besar, lembaga penyedia beasiswa  –baik dalam maupun luar negeri–, dan start up creator.

“Kegiatan Engineering Career and Internship Fair merupakan kegiatan pengenalan pascakampus kepada mahasiswa dan alumni FTUI. Kondisi sudah berubah sekarang, wawancara mungkin dilakukan online, bekerja juga mungkin akan online. Perubahan ini harus lebih dikenal oleh lulusan FTUI atau mungkin fakultas dan universitas lain yang tergabung dalam Career Development Center (CDC) FTUI. Ada sesi pengenalan industri, ada sesi penawaran kerja dan magang. Ini sangat related dengan program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) saat ini,” ujar Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M. Eng., Dekan FTUI dilansir dari laman ui.ac.id, Jumat (8/10).

“ECIF bertujuan untuk membekali mahasiswa dan alumni di bidang keteknikan dalam mempersiapkan diri memasuki dunia pasca pendidikan (bekerja, wirausaha, studi lanjut), memberikan informasi beasiswa studi lanjut, internship, dan lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan/lembaga kepada mahasiswa dan alumni, serta memberikan kesempatan kepada dunia usaha dan industri untuk memperkenalkan perusahaan/lembaga kepada masyarakat terutama mahasiswa dan alumni FTUI,” kata Badrul Munir, Ph.D., selaku Penanggung Jawab kegiatan ECIF 2021 yang juga menjabat sebagai Direktur Kemahasiswaan UI.

ECIF 2021 dibuka dengan event workshop, yang terdiri dari Entrepreneurship Class yang mengambil tema “Innovation into Invention”, Ready to Work Class bekerja sama dengan PATRiA, dan Scholarship Class bekerja sama dengan ILUNI FTUI. Pada kegiatan workshop ini, peserta dapat memilih kelas yang sesuai dengan peta karier mereka setelah memasuki dunia pascapendidikan.

Laman situs laman ecif.eng.ui.ac.id dapat terus diakses hingga tanggal 27 Oktober 2021 untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi virtual booth mitra perusahaan, mengikuti webinar perusahaan yang berisi kesempatan karier, pengembangan soft skill, hingga proses rekrutmen, maupun informasi seputar beasiswa dan studi lanjut.

Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam ECIF 2021 adalah: Astra Grup, Starborn Chemical, PT Paragon Technology and Innovation, dan Philips Industries Batam, PT. Toyota-Astra Motor, PT. Indonesia Epson Industry, PT. Astra Honda Motor, PT. Asuransi Jiwa Astra, PT. United Tractor Pandu Engineering, Ecolab, ABB, PT. Timah Industri, Supernova Flexible Packaging, Paxel, Vanaya Indonesia, Pro Worker, Daya Qarsa, LPDP, Revocommunity, Nuffic Neso, Chevening, Campus France, American Indonesian Exchange Foundation, Albatros, Iotnesia, Sajadang, Senimasi, dan banyak lainnya.