Mahasiswa Unpad Gagas Platform Pelatihan Perikanan Daring

Mahasiswa Unpad Gagas Platform Pelatihan Perikanan Daring (unpad.ac.id)
Mahasiswa Unpad Gagas Platform Pelatihan Perikanan Daring (unpad.ac.id)
Sumber :

VIVA – Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) merancang ide bisnis berupa platform pelatihan berbasis laman (website). 

Platform “Fishery Skill Lab” yang dikembangkan ketiganya berfokus pada pelatihan di bidang perikanan.

Tiga mahasiswa tersebut yaitu: Muhammad Gugum Gumelar (FPIK), Fatimah Tresna Nirmala (Faperta), dan Nanda Elisa Yunita (Fikom). Fishery Skill Lab dirancang untuk membantu masyarakat, khususnya calon pengusaha pemula ataupun yang berminat terjun di bisnis perikanan.

“Peluang untuk mengembangkan platform pelatihan online khusus di bidang perikanan itu sangat besar,” ungkap Nanda saat diwawancarai Kanal Media Unpad dilansir VIVA dari laman unpad.ac.id, Jumat (15/10).

Nanda menjelaskan, Fishery Skill Lab diharapkan mampu menyiapkan tenaga kerja terampil di bidang perikanan. Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini kebutuhan akan tenaga kerja yang berkualifikasi dan besertifikasi sangat susah.

Rancangan bisnis dari Fishery Skill Lab murni memanfaatkan platform website. Hal ini memungkinkan pelatihan bisa diakses oleh siapa saja di mana pun, kapan pun. Apalagi pandemi Covid-19 telah membiasakan pelajar dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar secara daring.

“Metode pembelajaran online punya banyak keunggulan. Selain biaya lebih murah, juga praktis tidak membutuhkan biaya transportasi,” kata Nanda.