Dosen SV IPB University Lakukan Pemberdayaan Perempuan

Dosen
Dosen
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Dosen Mengabdi IPB University sosialisasikan kewirausahaan dan digital marketing di Kampung Cibanteng Agathis, Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Bentuk kewirausahaan yang ditawarkan adalah memanfaatkan minyak jelantah menjadi sabun maupun lilin. Sosialiasi yang dilakukan secara offline ini dihadiri sedikitnya 17 ibu-ibu PKK di kampung tersebut.

Pembicara dalam sosialisasi tersebut adalah Silvia Dewi Sagita Andik, Beata Ratnawati, dan Ayutyas Sayekti yang merupakan dosen IPB University dari Sekolah Vokasi. 

Beata Ratnawati, dosen IPB University dari Program Studi Teknik dan Manajemen Lingkungan mengatakan, sosialisasi kewirausahaan ini dilakukan dalam rangka membantu pemulihan ekonomi masyarakat setempat akibat pandemi COVID-19. Ia menyebut, salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah minyak jelantah menjadi sabun maupun lilin. 

“Kegiatan mengolah sabun dari minyak jelantah, selain merupakan kegiatan recycle dan pelestarian lingkungan, juga dapat memberikan tambahan penghasilan untuk ibu-ibu dari limbah rumah tangga yang dihasilkan setiap harinya,” tambah Beata Ratnawati dilansir VIVA dari laman ipb.ac.id.

Ia juga menjelaskan, sosialisasi ini diadakan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan masyarakat dalam berwirausaha. Tidak hanya itu, sosialisasi ini juga bertujuan meningkatkan kualitas perempuan agar dapat bekerja secara mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga, serta peduli terhadap pelestarian lingkungan di Desa Cibanteng. 

“Minyak jelantah sebagai limbah rumah tangga selalu dibuang  langsung ke tanah maupun air. Padahal perilaku ini dapat mencemari lingkungan dan dapat mengubah kualitas tanah dan air,” kata Beata Ratnawati.

Ia pun menyebut, minyak jelantah ini dapat membuat tanah menjadi kering dan tidak subur. Selain itu, cemaran minyak jelantah juga merusak ekosistem tanah, sedangkan air yang tercemar dapat mempengaruhi kualitas air.