UI Lolos Terbanyak Jadi Peserta Apple Developer Academy 2022

Peserta mengikuti UTBK 2020 dengan protokol kesehatan di Universitas Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA – Sebanyak 25 peserta yang membawa nama Universitas Indonesia (UI)  –22 mahasiswa dan 3 alumni– berhasil lolos seleksi dan diterima menjadi peserta Apple Developer Academy 2022. Akademi yang akan berlangsung mulai Februari – Desember 2022 dan berfokus pada keterampilan pengkodean (coding), desain, dan keterampilan profesional (professional skill), ini merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Jumlah yang diterima tersebut diantara 200 peserta Apple Developer Academy 2022, merupakan yang terbesar dari satu perguruan tinggi selama program tersebut berlangsung. Dari ke-25 peserta tersebut, distribusi mahasiswa/alumni UI yang lolos seleksi program Apple Developer Academy 2022 berdasarkan program studi adalah kriminologi, sosiologi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik); matematika, ilmu aktuaria (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam); profesi arsitek, teknik biomedik, teknik elektro, teknik komputer, teknik industri (Fakultas Teknik); dan sistem informasi, ilmu komputer (Fakultas Ilmu Komputer).

Selama 10 bulan berjalannya program itu, para peserta akan didukung untuk mengembangkan aplikasi dan menjadi seorang ahli yang berwawasan luas. Selama menjadi peserta akademi tersebut, para peserta akan mengikuti program pendahuluan yang berdurasi 1-2 minggu, mengembangkan pengalaman, pola pikir, dan keterampilan awal.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Setelah itu, Mini Challenges, yaitu komponen utama dari perjalanan belajar di akademi. Mereka diberi serangkaian tantangan (2-8 minggu, berkelompok atau individu) yang dirancang untuk memanfaatkan semangat, minat, dan konteks peserta didik. Pada tahap Bridge, dirancang untuk dekompresi diantara tantangan. Pada tahap ini mentor mendukung penilaian diri pelajar, remediasi jika diperlukan, dan penetapan tujuan pribadi. Kemudian, Final Challenge (12 minggu) memberikan kesempatan kepada peserta untuk menerapkan semua yang telah mereka pelajari melalui Mini Challenges dan Bridge lainnya guna meng-create suatu mahakarya akhir.

Dalam kurikulum keterampilan profesional, Apple Developer Academy akan mempertajam keterampilan kepemimpinan peserta untuk membangun tim, berkolaborasi secara efektif, serta menjadikan peserta sosok yang berbeda dan menarik dalam masing-masing Curriculum Vitae (CV) atau portofolionya.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Apple Developer Academy bertujuan memberdayakan ekonomi Indonesia dengan menciptakan pengembang (developers) kelas dunia untuk ekosistem aplikasi paling inovatif dan dinamis di dunia. Program Apple Developer Academy terbuka untuk semua individu dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa aktif maupun publik (lulusan universitas dan karyawan) dengan domisili atau kewarganegaraan di Indonesia.

Setiap peserta yang lolos seleksi program Apple Developer Academy telah melalui rangkaian pendaftaran. Pertama pendaftaran dilakukan melalui situs resmi Apple Developer Academy, di Jakarta (BSD), Surabaya, atau Batam. Hanya pendaftar yang melakukan registrasi melalui website Academy yang akan dianggap sebagai peserta rekrutmen. Kedua, peserta juga wajib mendaftarkan diri pada website Kampus Merdeka, setelah diterima sebagai peserta Apple Developer Academy untuk Cohort 2022. (ui)

Bos Apple Tim Cook (Tengah).

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

"If (Apple) gets incentive facilities like in India and Thailand, we (Indonesia) can also provide the same," Minister Luhut Binsar Pandjaitan said in his Instagram accoun

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024