Sekolah Negeri di Balikpapan Minim, Murid 'Terpaksa' Masuk Swasta

Ilustrasi anak pakai masker.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Balikpapan, jumlah lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 2019 mencapai 10.330 murid. Sedangkan daya tampung SMA/SMK negeri yang ada hanya sekitar 5.600 murid.

BMKG Temukan Ratusan Titik Panas di Kaltim, Jumlahnya Meningkat dari Sehari Sebelumnya

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, IPEKA membangun gedung SMP dan SMA Kristen IPEKA Balikpapan. Gedung SMP dan SMA Kristen IPEKA Balikpapan secara resmi telah dibuka pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Peresmian gedung tersebut dibuka dengan prosesi gunting pita oleh Ketua Umum Sinode GKY (Gereja Kristus Yesus) Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, Ph.D., Ketua Yayasan IPEKA Erwin Wijaya, dan Direktur Utama Operasional Sekolah Kristen IPEKA Pdt. Handojo.

Penyeberangan Kariangau Terkendali, Pj Gubernur Kaltim: Imbas Dibukanya Tol Samboja

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, M.T. mengungkapkan harapannya kepada sekolah tersebut.

"Kami harap IPEKA dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap mutu dan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur, khususnya Kota Balikpapan. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini daya tampung murid SMA/SMK negeri di Balikpapan hanya 48 persen, sehingga sebagian besar murid akan bersekolah di SMA/SMK swasta," kata dia dalam sambutannya saat acara pembukaan gedung sekolah tersebut.

Modus Kontes Model, 2 ABG Belia Nyaris Berangkat Dijual jadi PSK di Balikpapan

IPEKA Balikpapan.

Photo :
  • Istimewa

Direktur Utama Operasional Sekolah Kristen IPEKA, Pdt. Handojo, pun turut menyatakan komitmennya dalam memajukan pendidikan.

"Kami semua mempunyai visi bahwa IPEKA harus menjadi sekolah atau lembaga pendidikan Kristen unggulan. Kami adalah lembaga pendidikan yang bermisi sosial dan semua yang dihasilkan IPEKA akan digunakan untuk kemajuan layanan pendidikan," ujarnya.

Peresmian gedung SMP dan SMA Kristen IPEKA Balikpapan ini bertujuan untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan di jenjang menengah. Beragam fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar maupun non akademis seperti taman belajar serta studio rekaman dihadirkan untuk mendukung kegiatan para murid.

Guna mendukung pengembangan bakat dan kreativitas murid, Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan mengadakan berbagai kegiatan OSIS salah satunya Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021 yaitu perlombaan se-tingkat nasional di bidang seni bagi murid SD hingga SMA. Perlombaan ini berlangsung pada 18 September hingga 2 Oktober 2021 lalu.

Koordinator Lokasi Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan, Alfian Samudra mengungkapkan bahwa SMP dan SMA Kristen IPEKA Balikpapan dipersiapkan menjadi sekolah yang berstatus SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) atau yang dahulu dikenal sebagai sekolah Internasional, serta sekolah yang berbasis teknologi dan literasi dengan tenaga pengajar yang kompeten.

"Tentu para guru harus memiliki kemampuan mengajar menggunakan bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Selain itu, para guru juga harus memiliki spiritualitas yang baik, agar dapat membimbing murid secara holistik dan menjadi teladan bagi mereka," tuturnya.

"Kami berharap IPEKA dapat menjadi partner orangtua dalam mendidik anak dengan nilai-nilai serta kompetensi yang baik untuk mempersiapkan masa depan anak sesuai dengan potensi dan passion mereka, agar kelak mereka dapat menjadi orang yang berguna bagi kemajuan Indonesia dan memuliakan Tuhan," tutup Alfian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya