Meningkatkan Keterampilan Orangtua Siswa di Era Keterbukaan Informasi

Program Parents Schools
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mendidik anak pada zaman sekarang butuh pendekatan yang lebih metodologis. Terlebih dengan adanya serbuan media sosial yang begitu gencar dan ditambah era keterbukaan informasi seperti sekarang ini. 

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Orangtua tidak bisa begitu saja mendidik anak berdasarkan pengalaman, butuh landasan teori yang cukup serta latihan yang terus menerus.

CEO NICE Indonesia Dasril Guntara menjelaskan, beranjak dari dinamika itu pihaknya menggelar program Parents Schools yang diperuntukkan kepada orangtua siswa

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Lebih lanjut, Dasril mengatakan program Parents Shools adalah program pengembangan kapasitas yang ditargetkan untuk para orang tua murid. Program ini diinisiasi dan didanai oleh NAMA Foundation serta diimplementasi oleh NICE indonesia yang diperuntukkan bagi 24 sekolah target program di Indonesia. 

“Kegiatan ini dilakukan secara bersama, secara global di tiga negara yaitu; Indonesia, Kyrgyzstan dan Tanzania. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan  kesejahteraan anak-anak dan remaja dengan meningkatkan keterampilan orang tua dalam praktek pengasuhan yang positif,” ujar Dasril.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Pada pelatihan program Parents Schools kali ini, para orang tua murid diberikan tiga bekal materi yang meliputi: Why Children Need Love and Care, How to Understand My Child, dan How To Negotiate My Child.

Sebanyak 330 orang tua siswa  telah mengikuti program Parents Schools yang dimulai dari 22 Oktober sampai 14 November yang terbagi dalam empat gelombang. Adapun sekolah yang telah  menerima manfaat dari program Parents Schools pada tahun ini ada sebanyak 12 sekolah yaitu; SIT Latansa Cendikia, SMPIT Cordova, SMP Muhammadiyah 33 Jakarta, Sekolah Islam Sinar Cendikia, SMP Alam Indonesia, SMP Islam Al Syukro Universal, SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor, SMP SMART Ekselensia, Sekolah Alam Quran (SAlam Qu) Cendikia, SMP Darul Quran Mulia, Pesantren Putri IGBS Darul Marhamah dan SMPIT Kaifa Bogor.

Para peserta Parents Schools kali ini sangat senang sekaligus bangga dapat mengikuti acara dari awal hingga akhir. Widuri salah seorang peserta dari Sekolah Islam Sinar Cendekia mengucapkan banyak terima kasih kepada tim dari NICE Indonesia, karena sudah diberi kesempatan untuk belajar menjadi orang tua yang lebih hangat, lebih bijaksana dan mengerti ananda.

Untuk diketahui NICE Indonesia merupakan institusi social enterprise yang bergerak untuk meningkatkan kapasitas dalam bidang pendidikan dan sektor ketiga. Misi NICE Indonesia adalah untuk memperkuat masyarakat dan organisasi melalui pengembangan kapasitas dalam pengelolaan dana, penciptaan program yang berdampak kuat, serta layanan pengembangan manusia  untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. 

NICE Indonesia sendiri didirikan atas inisiasi NAMA Foundation-Malaysia, sebuah lembaga donor yang memfokuskan kerja-kerjannya untuk pembangunan kapasitas yang berkelanjutan, berkolaborasi bersama Yayasan Wafaa Indonesia Gemilang di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya