Garnesa FT Unesa Juara 1 Kontes Mobil Hemat Energi

Karya tim Garnesa RC FT Unesa
Sumber :
  • Istimewa/Nur Faishal

VIVA – Garnesa Racing rancangan tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil menorehkan capaian prestasi membanggakan di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Ajang itu sudah rampung digelar di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya selama lima hari, 15-20 November 2021.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

"Selamat kepada tim Garnesa Fakultas Teknik yang mampu membawa harum nama lembaga yang kita cintai. Dengan raihan prestasi ini membuktikan mahasiswa mampu berinovasi, berkreasi, beradaptasi dan mampu bekerja sama maka mereka akan menjadi pemenangnya,” kata Rektor Unesa Nurhasan dalam keterangan tertulis pada Minggu, 21 November 2021.

Pada KMHE kali ini, FT Unesa berpartisipasi dengan nama tim yaitu Garnesa Racing Team pada kelas Urban Concept Mesin Pembakaran Dalam Diesel. Garnesa sempat mengalami kendala gagal finish saat race pertama yang dikarenakan rantai terlepas sehingga perlu di-setting ulang.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

"Alhamdulillah pada race berikutnya tidak mengalami kendala sehingga mendapatkan juara 1 dengan skor terbaik yaitu 111,92 km/liter," kata Ricky Surya Pranata, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin selaku manajer tim Garnesa.

Dosen pembimbing Garnesa RC dari jurusan Teknik Mesin, Agung Prijo Budijono, menambahkan, sementara pada kategori eco fun race urban diesel, Garnesa kembali mencatatkan hasil impresif dengan finish pertama sehingga mendapatkan juara 1.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Saya sempat gemeteran saat melihat di last lap karena sempat terjadi kontak body antara Garnesa dengan Otoriter U-DV Tadulako dari Universitas Tadulako, syukur Alhamdulillah Garnesa mampu menjaga jarak hingga menyentuh garis finish," lanjut Agung.

Sementara itu, Wakil Dekan FT Unesa Bidang Kemahasiswaan dan alumni, Dedy Rahman Prehanto, merasa senang dan bangga kepada semua tim beserta dosen pembimbing yang telah berjuang sekuat tenaga sehingga mendapatkan hasil terbaik pada gelaran KMHE 2021.

"Mereka layak mendapatkannya, selamat dan sukses untuk Garnesa Racing Team, maju bersama, FT berprestasi, FT jawara, Unesa satu langkah di depan untuk Indonesia maju," tutur Dedy optimistis.

Hal senada disampaikan Dekan FT Unesa Maspiyah. Ia bilang, kegiatan kemahasiswaan dan pembinaan kemahasiswaan Fakultas Teknik Unesa yang digawangi oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni di tahun 2021 sangatlah bagus sehingga menghasilkan berbagai prestasi di level nasional.

Untuk diketahui, KMHE 2021 merupakan lomba mobil hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, tahun ini bekerja sama dengan Unesa. Temanya ialah “Satu Nyali Hemat Energi," jelasnya.

KMHE 2021 diselenggarakan untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan. KMHE merupakan kegiatan rutin agenda Kemendikbudristek yang dari awal lebih dikenal dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC).

Kegiatan ini mengundang partisipasi seluruh mahasiswa universitas, institut, politeknik di Indonesia pada dua kategori perlombaan yakni Prototype dan Urban Concept, masing-masing dengan 4 kelas engine yaitu Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol dan Motor Listrik.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya