Siswa Jambi adu kreatif berbalas pantun peringati Hari Guru 2021

Ilustrasi siswa.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Para siswa SMP Negeri 11 Kota Jambi Provinsi Jambi beradu kreatif dalam lomba balas pantun dan menghias kue tradisional daerah itu dalam rangka memeriahkan  Hari Guru tahun 2021. "Siswa menorehkan prestasi di ajang balas pantun, dan kali ini didedikasikan untuk para guru di Hari Guru," kata Kepala SMPN 11 Kota Jambi, Asmiyati di Jambi, Sabtu.

Saat Mahasiswa Pantun ke Erick Thohir karena Bongkar Kasus Korupsi

Selama ini siswa siswi di sekolah tersebut memiliki catatan prestasi, salah satunya dalam lomba berbalas pantun. Kegiatan balas pantun memberikan keseruan tersendiri yang diselingi dengan suka cita dan tepuk tangan menyambut setiap bait pantun yang disampaikan.

Berbalas pantun menjadi ciri khas masyarakat Melayu, dimana pantun selalu hadir dalam setiap kesempatan. Di Kota Jambi maupun Provinsi Jambi, lomba berbalas pantun sudah menjadi agenda kegiatan rutin setiap tahun baik yang digelar dinas pendidikan setempat maupun Kantor Bahasa Jambi.

Selain menggelar lomba berbalas pantun di Hari Guru 2021, siswa juga unjuk gigi memperlihatkan kepiawaiannya bermain egrang baik berlomba maupun balapan dengan pengawasan dan menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya para siswa, keseruan juga dihadirkan oleh para guru yang juga berlomba menghias kue. Bahan lomba mereka, adalah kue-kue tradisional khas Jambi yang dirangkai dan dihias sedemikian rupa sehingga layak mendapat penilaian.

Di akhir kegiatan suasana haru terjadi saat para siswa memberikan ucapan "selamat hari guru" kepada para pendidik mereka.
"Kami siswa dan siswi SMPN 11 Kota Jambi mengucapkan selamat Hari Guru 2021," kata para siswa serentak.

Kepala SMPN 11 Kota Jambi menyebutkan beragam cara digelar untuk memperingati Hari Guru yang tahun ini masih dalam suasana pandemi COVID-19. Kegiatan hari guru sebagai apresiasi kepada para pendidik di Indonesia yang sudah berkontribusi sangat besar dalam mencerdaskan anak bangsa.
 
Menurut dia guru adalah sosok yang sangat bisa membantu mencerdaskan anak-anak bangsa. Ia mengaku bangga siswa dan sekolah itu sudah banyak meraih prestasi yang tidak lepas berkat guru.

Ia mengingatkan  pada para siswa untuk terus meningkatkan prestasi lagi, lebih baik dan lebih maju lagi untuk tahun 2022, serta menyatakan guru tak akan menyerah  dengan kondisi pandemi COVID-19. "Semoga prestasi anak-anak semakin meningkat, momen peringatan hari guru bisa menjadi penyemangat bagi guru dan siswa dalam meningkatkan prestasi," katanya menambahkan. (ANT)

ilustrasi adat Betawi

Universitas Budi Luhur Lestarikan Budaya Betawi Lewat Lomba Pantun

Universitas Budi Luhur bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Selatan serta UMKM Gue Girang mengadakan festival lomba pantun

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022