Disdikbud Lampung Siapkan Materi Pembelajaran Akhir Tahun

Ilustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung  rupanya sedang menyiapkan skema penambahan materi pembelajaran bagi siswa untuk mengurangi mobilitas pada libur akhir tahun.

11 Tips Belajar Efektif untuk Meningkatkan Pemahaman dan Prestasi Diri

"Terkait Instruksi Mendagri Nomor 62 tentang pengendalian mobilitas masyarakat di akhir tahun. Berkaitan dengan pendidikan ada sejumlah hal yang dilakukan salah satunya penundaan pembagian rapor," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan penundaan pembagian rapor tersebut untuk mencegah siswa ikut bepergian bersama keluarga selama libur akhir tahun dalam rangka menekan peningkatan kasus COVID-19. "Saat ini tengah kita rumuskan skema penambahan materi ataupun kegiatan untuk mengisi aktivitas siswa di akhir tahun," katanya.

Menurut dia, kebijakan yang kemungkinan akan dilakukan adalah dengan melaksanakan rangkaian kegiatan olahraga secara daring ataupun tatap muka. "Mungkin untuk mengisi kekosongan setelah alur akademis selesai di akhir tahun, akan mengadakan aktivitas olahraga secara tatap muka dengan prokes ketat, atau melakukannya secara daring dengan memberikan materi teoritis," ucapnya.

Untuk merumuskan skema tersebut, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan kabupaten dan kota, serta perwakilan sekolah.

"Kita akan musyawarah dengan perwakilan sekolah serta dinas kabupaten dan kota. Sebab saat ini kalender pendidikan sudah disahkan jadi kalau ada perubahan harus dengan persetujuan semua pihak," ujarnya dalam konferensi persnya.

Ia melanjutkan perubahan pada kalender pendidikan tersebut salah satu langkah mencegah lonjakan kasus COVID-19 di akhir tahun. "Situasi COVID-19 di Lampung memang beberapa bulan terakhir cukup baik, jadi ini salah satu langkah untuk mencegah adanya lonjakan kasus. Tapi di satu sisi juga kita berharap siswa mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat serta menyenangkan untuk mengisi waktu kosong ini," katanya. (ant)

Ammar Zoni ditangkap Polres Jakarta Selatan terkait kasus sabu

Ammar Zoni Disebut Rugi Ratusan Juta Selama di Penjara

Setelah dipastikan akan bebas dari penjara pada pekan depan, Ammar Zoni berencana untuk kembali menerima tawaran pekerjaan di dunia hiburan.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023