Unpad Kembangkan Laboratorium Virtual Keperawatan Pertama di RI

Laboratorium keperawatan virtual yang dikembangkan Unpad
Sumber :
  • Unpad

VIVA – Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran berhasil menggagas dan mengembangkan laboratorium keperawatan berbasis virtual pertama di Indonesia. Laboratorium virtual itu diberinama Virtual Nursing Skills Laboratorium atau VNursLab. 

Unpad Bakal Buka Program Beasiswa Bagi Para Aktivis

Dosen sekaligus peneliti pengembang VNursLab, Restuning Widiasih mengatakan VNursLab merupakan inovasi yang didedikasikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan keterampilan tindakan keperawatan. 

"Pengembangan VNursLab disponsori oleh Matching Fund Kedaireka dan diprakarsai oleh Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan PT Kreasi Kode Biner Prodi dan Bisnis Internasional Universitas Binus," kata Restu dalam keterangan pers yang diterima Rabu, 15 November 2021. 

Guru Besar dan Alumni Unpad Sentil Jokowi Lewat Petisi: Kita Suarakan Terus Menerus

Menurut Restu, sejak diberlakukannya pembelajaran daring di masa pandemi, muncul berbagai kekhawatiran yang dirasakan para mahasiswa dan dosen, khususnya di rumpun kesehatan termasuk keperawatan terkait kemampuan menguasai tindakan keperawatan akibat terbatasnya akses pembelajaran laboratorium.

"Namun kini VNursLab hadir sebagai salah satu solusi dan alternatif yang cukup efektif dalam meningkatan pengetahuan, kemampuan, berfikir kritis, dan kepercayaan diri terkait dengan tindakan keperawatan," ujarnya

Yandex Bersama 2 Kampus Gelar Diskusi Kecerdasan Buatan

VNursLab memiliki keunggulan merupakan simulator tindakan keperawatan berbasis 3D interaktif dan virtual reality yang pertama di Indonesia. VNursLab menyajikan lima belas konten pembelajaran dan simulator tindakan keperawatan yang diintegrasikan dengan berbagai kasus penyakit.

Dengan pengintegrasian kasus dan tindakan keperawatan dalam satu media makan akan menstimulasi mahasiswa untuk berpikir kritis, dan mudah digunakan tanpa batas waktu dan tempat. Berbagai fitur yang disediakan pada 3D simulator interaktif VNursLab dapat diakses dari komputer dan handphone kapanpun dimanapun dengan mengakses www.vnurslab.com.

"Mahasiswa dan calon perawat dengan mudah berlatih dan mengasah cara berfikir kritis di VNursLab. Pada masing-masing tindakan keperawatan, user akan mempelajari materi bacaan teori dan asuhan keperawatan, pre-test, kasus untuk dianalisis, simulator tindakan keperawatan, post-test, dan evaluasi," ungkapnya

Selain itu, VNursLab juga menghadirkan tiga tindakan keperawatan yang dikemas dalam bentuk VR di Laboratorium VR Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran, Teknologi VR menghadirkan pengalaman yang berkesan nyata bagi user dalam melakukan tindakan keperawatan.  

Restu mengakui VNurslab mendapatkan sambutan yang positif dari 166 mahasiswa Keperawatan yang telah mencoba dan juga peserta Rapat Umum Anggota Rapat Umum Anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) di Bali 2021.  

"Media pembelajaran inovatif ini terus di kembangkan di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran dengan target 70 tindakan keperawatan diberbagai area keilmuan keperawatan sebagai upaya mendukung program peningkatan kualitas calon perawat di Indonesia," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya