UIN Palu Gelar Pelatihan Jurnalistik

Ilustrasi aktivitas jurnalistik
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mengasah kemampuan dan keterampilan tenaga kependidikan (tendik) menulis berita, untuk menunjang transparansi dan penyebaran informasi kegiatan perguruan tinggi tersebut kepada masyarakat.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

"Pelatihan jurnalistik dilakukan untuk optimalisasi penyebaran informasi kegiatan UIN Datokarama Palu kepada masyarakat," kata Ketua Panitia Pelatihan Fathiyah di Palu, Minggu (19/12).

Pelatihan jurnalistik, kata Fatiyah, lebih difokuskan pada teknik peliputan dan penyusunan/penulisan naskah berita yang diikuti oleh 40 peserta terdiri dari tenaga kependidikan UIN Datokarama, Universitas Muhammadiyah, Universitas Tadulako serta Universitas Alkhairaat. Panitia juga melibatkan mahasiswa UIN Datokarama sebagai peserta kegiatan pelatihan tersebut.

Bentrok Antar Kelompok Rontek, Mako Polda Lampung Ditembaki Orang Tak Dikenal

"Pelatihan ini merupakan pelatihan perdana atau latihan dasar, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pelatihan lanjutan. Tujuannya agar peserta benar-benar dapat membuat berita," ujar Fathiyah.

Panitia melibatkan Tenaga Ahli Dewan Pers untuk wilayah Provinsi Sulteng, Ruslan Sangadji, serta Pemimpin Redaksi Harian Umum Mercusuar, Tasman Banto, untuk melatih peserta pada kegiatan tersebut.

Guus Hiddink Resmi Latih Timnas Indonesia, Ternyata Cuma April Mop!

Pelatihan dasar jurnalistik yang berlangsung sejak tanggal 18 - 19 Desember 2021 dengan menghadirkan dua narasumber tersebut, ditargetkan peserta dapat membuat judul dan paragraf pertama berita.

"Sesuai dengan kaidah jurnalistik khususnya tentang penulisan berita, informasi terpenting dari berita terdapat pada judul dan paragraf pertama. Karena, kami menargetkan dari pelatihan dasar ini peserta dapat membuat judul dan teras/paragraf pertama berita," ujar Fathiyah.

Selain teknik penulisan berita, Fathiyah mengatakan, pelatihan itu juga dirangkaikan dengan tata kelola administrasi dan keprotokoleran. panitia menghadirkan Kepala Bagian Keprotokoleran Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sigi, Ariyanto, sebagai narasumber materi dan praktik tentang keprotokoleran.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Datokarama, Mohamad Idhan mengemukakan bahwa pelatihan tersebut, menjadi satu prioritas lembaga untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian.

"Optimalisasi penerapan tri dharma perguruan tinggi harus didukung dengan ketersediaan kemampuan dan keterampilan tenaga kependidikan. Karena itu, pelatihan ini sangat penting," sebut Idhan.

Idhan berharap pelatihan tersebut dapat menunjang keterampilan tendik, sehingga semua kegiatan akademik di setiap fakultas dan unit di lingkungan UIN Datokarama dapat terpublikasi dalam bentuk berita.

"Website UIN Datokarama harus menjadi sumber utama penyebaran informasi dan transparansi, karena itu perlu didukung dengan ketersediaan tenaga yang terampilan dalam mengelola informasi berbasis digital, maka pelatihan ini menjadi satu solusi membangun keterampilan Tendik," sebut Idhan. (antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya