Baru 12 Pesantren yang Terdaftar di Kemenag Rejang Lebong

Ilustrasi pondok pesantren.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan di wilayah itu saat ini sudah ada 12 pondok pesantren (ponpes) yang terdaftar dan memiliki izin operasional dari Kementerian Agama pusat.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Kepala Kemenag Rejang Lebong Nopian Gustari saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan jumlah pondok pesantren yang terdaftar dan memiliki izin operasional ini terus bertambah dari sebelumnya hanya enam ponpes.

"Saat ini jumlah pondok pesantren di Kabupaten Rejang Lebong yang sudah terdaftar dan memiliki izin operasional menjadi 12 ponpes, kita mengimbau pondok pesantren lainnya yang ada di Rejang Lebong agar segera mengurus perizinannya sehingga terdaftar resmi," kata dia, Minggu (26/12). 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Dia menjelaskan, pondok pesantren yang lebih dahulu telah terdaftar dan mengantongi izin dari Kemenag pusat ini ialah Ponpes Ar Rahmah, Ponpes Muhammadiyah, Miftahul Jannah, Ulumul Quran Hidayatullah, Imam Asy-Syafii dan Ponpes Al Makbul.

Sedangkan tiga pondok pesantren yang perizinannya baru turun ialah Ponpes Nasihatul Khoir, Ponpes Azohiri dan Ponpes Hidayatullah, serta satu lagi perizinannya masih dalam proses yakni Ponpes Al Fatah.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Selain itu ditambah dengan tiga pondok pesantren lainnya yaitu Ponpes Darrul Ma'arif Tanjung Beringin, Ponpes Al Kautsar dan Ponpes Tahfiz Qur'an Hidayatullah, dan satu lagi masih dalam pengurusan ialah Ponpes Hidayatul Fallah.

Menurut dia, keberadaan pondok pesantren tersebut harus terdaftar dan memiliki izin operasional sehingga mendapatkan bantuan pemerintah seperti mendapatkan dana BOS, dan ijazah yang dikeluarkan resmi dan diakui sehingga bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja. (antara)
 

Sekjen Kemenag Ali Ramdhani dan Plt Dirjen Pendidikan Islam bertemu Direktur IEP

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Pembahasan rencana bersinergi ini berlangsung di Kantor Pusat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024