Ingin Liburan Sekolah Seru dan Aman saat Pandemi? Ini Tipsnya

Ilustrasi sekolah di Solo diliburkan karena Corona
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Libur sekolah telah tiba. Lalu, bagaimana sebaiknya mengisi libur sekolah agar tetap seru dan aman di tengah pandemi Covid-19? Psikolog dari UGM, Dr. Diana Setiyawati, M.HSc.Psy., menyampaikan bahwa liburan di tengah pandemi perlu disiapkan dengan baik oleh keluarga.

Keluarga Datang ke Lokasi Brigadir RAT Tewas Bunuh Diri, Ada Apa?

“Hal yang harus dipersiapkan adalah membuat program kreatif terencana untuk family time. Misalnya main kuis bersama, masak bersama, dan kegiatan lain sambil diskusi tentang keluarga,” paparnya, Senin (27/12) pada konferensi persnya.

Agar liburan tetap terasa liburan bagi siswa, Dosen Fakultas Psikologi UGM ini menyarankan orang tua untuk merencanakan rutinitas yang berbeda dari biasanya agar liburan benar-benar terasa libur bagi anak. Sebab, sejak pandemi Covid-19 menjadikan kondisi pembelajaran siswa berbeda dengan sebelum pandemi begitupun dengan liburan sekolah.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

“Jika ada tugas yang diberikan sekolah semasa libur, tugas-tugas yang ada bisa dimaksimalkan dikerjakan bersama keluarga,” tuturnya dilansir VIVA dari laman ugm.ac.id.

Peneliti Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM ini menuturkan liburan tidak harus diisi dengan berlibur ke luar rumah terlebih saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19. Namun, jika akan berlibur ke luar rumah Diana mengimbau untuk berlibur dengan memilih destinasi wisata yang aman. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan, memilih moda transportasi yang aman serta pemilihan waktu yang tepat.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Apabila ingin menghabiskan waktu liburan dengan tetap di rumah, Diana mengatakan ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga. Selain membuat acara seru bersama keluarga seperti memasak, bermain bersama dan lainnya, liburan dirumah juga dapat diisi dengan mengikuti program online. Misalnya piknik online, bioskop online dan kegiatan seru online lainnya.(ugm)

Yoki

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Dengan fokus pada kualitas emas dan kepercayaan konsumen, Yoki optimis dapat terus bersaing dan berkembang di pasar yang dinamis dan terus berubah.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024