Ratusan Guru di Trenggalek Ikuti Vaksinasi Penguat Jelang PTM

Ilustrasi guru.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA – Ratusan guru dan tenaga pendidik di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengikuti program vaksinasi penguat atau booster, sebagai prasayarat diselenggarakannya pembelajaran tatap muka penuh atau 100 persen di sekolah-sekolah setempat.

"Vaksinasi booster untuk guru dan tenaga pendidik ini kami targetkan mencapai 6 ribu dosis," kata Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin di Trenggalek, Kamis.

Diharapkan, pemberian vaksinasi penguat ini semakin memperkecil risiko tertular COVID-19. Vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun sendiri saat ini masih berlangsung, namun secara keseluruhan sudah mendekati rampung. Vaksinasi di lingkup pendidikan itu, lanjut dia, dilakukan untuk menunjang pembelajaran tatap muka yang direncanakan bakal dilaksanakan dalam waktu dekat.

Selain guru dan tenaga pendidikan, vaksinasi penguat juga diprioritaskan kepada anak hingga lansia, kepada penerima vaksin dosis dua dengan jangka waktu enam bulan. "Ini yang paling penting. Baru setelah itu remaja, dewasa dan masyarakat umum. Memang kita diarahkan untuk prioritas lansia dulu yang di-booster,” ujarnya.

Kendati sudah bisa melaksanakan vaksinasi penguat sebagaimana 29 kabupaten/kota lain di Jawa Timur, saat ini pemerintah setempat juga tengah mengejar capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua agar bisa 100 persen.

Merujuk data per 10 Januari 2022, capaian vaksinasi dosis pertama masyarakat umum mencapai 84,04 persen dan lansia 66,54 persen. “Yang paling penting adalah mengejar dosis pertama dan kedua lansia, booster lansia dan  anak-anak. Targetnya tentu sesuai sasaran kami, yakni 500 ribu sasaran,” ujarnya. (ant)

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat
Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024