Disdik Gorontalo Pastikan Vaksinasi Anak Jangkau Semua Pelajar

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo memastikan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di daerah itu menjangkau seluruh pelajar yang memenuhi persyaratan untuk disuntik vaksin COVID-19.

"Targetnya mencapai 11.997 anak tersebar di seluruh sekolah dasar (SD) di 123 desa di 11 kecamatan," kata Kepala Disdik Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman di Gorontalo, Kamis. Setiap pelaksanaan vaksinasi per kecamatan katanya, ditargetkan sebanyak 1.000 siswa disuntik vaksin.

"Kami berharap dapat melampaui target, agar upaya mempercepat jangkauan vaksinasi COVID-19 untuk anak, dapat terlaksana maksimal dalam 2 bulan saja," katanya. Sedangkan terkait vaksinasi untuk anak putus sekolah, akan dikoordinasikan dengan pemerintah kecamatan dan desa.

Sebab katanya lagi, untuk kondisi tersebut artinya anak putus sekolah secara berjenjang maupun terstruktur, tidak lagi menjadi kewenangan Dinas Pendidikan. Namun sesungguhnya, kata Irwan, dapat dipastikan tidak ada anak usia sekolah yang putus sekolah di daerah itu.

Khusus di tahun pelajaran 2021/2022, ia memastikan nol persen anak putus sekolah di daerah itu. Sebab yang terjadi, ada 0,3 persen anak usia sekolah yang secara psikologi terobsesi dengan lingkungan yang tidak belajar lagi dampak dari pandemi COVID-19.

Sehingga mereka (anak usia sekolah) hanya 1 atau 2 kali dalam sebulan datang ke sekolah. Kondisi ini segera ditangani pihak sekolah melalui mekanisme kunjungan langsung ke rumah peserta didik atau home visit.

"Alhamdulillah mereka dapat terselamatkan sehingga dipastikan tidak ada anak usia sekolah mengalami putus sekolah di daerah ini," katanya pula. Olehnya, target pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak, diharapkan optimal menjangkau seluruh anak usia 6 hingga 11 tahun di daerah itu. (ant)

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024
Anak kucing

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Vaksinasi merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kucing. Dengan memberikan vaksin, kucing dapat terlindungi dari berbagai penyakit yang berbahaya. 

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024