10.301 Mahasiswa Unhas Ikut Program MBKM 2021

10.301 mahasiswa Unhas terlibat program MBKM 2021
Sumber :
  • antara

VIVA – Sebanyak 10.301 mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar terlibat dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sepanjang  tahun 2021.

Direktur Komunikasi Unhas Ir.Suharman Hamzah,Ph.D di Makassar, Senin mengatakan Unhas berperan aktif dalam MBKM dan terbuka bagi mahasiswa non-Unhas yang ingin belajar mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya (Ipteksbud).

"Mata kuliah dapat diambil dengan sistem credit earning. Mahasiswa dari kampus lain yang berhasil menyelesaikan semua persyaratan kelulusan mata kuliah akan diberikan transfer kelulusan mata kuliah beserta nilainya dari Unhas," ujarnya, Senin (17/1).

Sepanjang tahun 2021, Unhas melaksanakan program MBKM dalam dua termin. Termin pertama yaitu pada semester akhir 2020/2021, dan termain kedua pada semester awal 2021/2022.

Secara garis besar program MBKM dibagi atas dua kelompok, yaitu MBKM Pertukaran Mahasiswa dan MBKM Non Pertukaran Mahasiswa. Beberapa diantaranya merupakan aktifitas yang menjadi program internal Unhas, selain tentunya mengikuti program nasional dari Ditjen Diktiristek.

Untuk semester akhir 2020/2021, Unhas melaksanakan 9 aktifitas MBKM, yaitu Sasrabahu (sistem pertukaran mahasiswa PTN-BH), Permata Merdeka (pertukaran mahasiswa semua PTN), KMB 3 PT (Konsorsium Merdeka Belajar 3 PT),

Selanjutnya Merdeka Belajar (MB) Teknik Pertambangan Unhas-UNP, MB Hukum Unhas-UB, KMB BI (Bank Indonesia), Kampus Mengajar batch 1,
Program Bangkit dan MBKM Kementerian ATR/BPN.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti program MBKM Unhas yaitu 532 orang outbound (mahasiswa Unhas) dan 265 orang inbound (mahasiswa luar Unhas).

Selain sembilan aktifitas tersebut, Unhas juga melaksanakan tiga kegiatan lain secara mandiri, yaitu Program Kewirausahaan, Magang dan Mata Kuliah Lapangan. Kegiatan ini melibatkan 2.311 mahasiswa.

Sehingga secara total untuk semester akhir 2020/2021, sebanyak 3.108 mahasiswa berpartipasi pada program MBKM di Unhas.

Sementara itu pada semester awal 2021/2022, Unhas menyediakan 17 aktifitas MBKM, yaitu Permata Merdeka (pertukaran mahasiswa semua PTN), Kampus Mengajar,
MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat).

IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards), KMMI (Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia), Sasrabahu (sistem pertukaran mahasiswa PTN-BH), GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental).

PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa), Pejuang Muda Kemensos, Merdeka Belajar (MB) Ilmu Kelautan Unhas dan Unpatti, MB Fisioterapi Unhas dan Unisa, MB Sastra Jepang Unhas dan Unsoed, MB Teknik Pertambangan Unhas-UNP, MB Arsitektur Unhas-UB,
MB Kehutanan Unhas-Sorong, MB Unhas dan Apsita dan Inovasi dan Kewirausahaan Rumput Laut.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti seluruh kegiatan MBKM adalah 772 orang outbound (mahasiswa Unhas) dan 460 orang inbound (mahasiswa luar Unhas). Dengan demikian, untuk semester akhir 2020/2021, sebanyak 1.232 mahasiswa terlibat pada program MBKM Unhas.

Dalam bentuk program membangun desa, Unhas menyelenggarakan KKN Tematik sebanyak dua kali dengan jumlah mahasiswa terlibat 5.947 orang.

Sehingga secara keseluruhan selama 2021 (dua semester), Unhas memfasilitasi 10.301 mahasiswa mengikuti program MBKM.

MBKM adalah kebijakan dan program unggulan Kemendikbudristek. Program yang digagas sejak akhir 2019 itu memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai aktifitas yang disediakan.

Program MBKM diharapkan dapat meningkatkan pengalaman para mahasiswa di dunia kerja. Mahasiswa harus mendapatkan pengalaman di luar di bangku kuliah dengan langsung turun ke lapangan.

Program MBKM ini merupakan sebuah upaya perubahan yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi agar bisa melampaui kemajuan yang bersifat dinamis. Ini akan menjadi terobosan zaman, karena program seperti ini di luar negeri baru dilaksanakan di beberapa kampus ternama. (antara)

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni
Pusat Penelitian dan Pengkajian Energi Baru dan Terbarukan (P3EBT) milik ITPLN.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

ITPLN (Institut Teknologi PLN) telah mengumumkan bahwa masa penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024/2025 akan diperpanjang hingga Senin 29 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024