Rektor UT: Pandemi Dorong PT Berikan Konten Kuliah yang Menarik

Universitas Terbuka
Universitas Terbuka
Sumber :
  • Twitter@Universitas Terbuka

VIVA – Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat mengatakan pandemi COVID-19 telah mendorong perguruan tinggi untuk saling berkolaborasi dan menyediakan konten pembelajaran yang menarik untuk mahasiswa.

“Pandemi COVID-19 telah membuka kesempatan bagi perguruan tinggi, sekolah, pemerintah, maupun perusahaan telekomunikasi untuk saling berkolaborasi menghadirkan pembelajaran daring serta konten yang menarik untuk mahasiswa,” katanya  dalam ajang International Council for Open dan Distance Education (ICDE) Leadership Summit yang dipantau di Jakarta, Jumat (21/1).

Dalam sesi diskusi panel yang mengangkat topik mengenai bagaimana perguruan tinggi menghadapi krisis global, Ojat membagikan pengalamannya sebagai pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh dalam menghadapi tantangan global pada masa pandemi.

“Kampus juga turut mencari peluang dan solusi terbaik dalam upaya mempertahankan kualitas layanan pendidikan tinggi jarak jauh yang bahkan sudah diterapkan sebelum pandemi,” katanya.

Ia menjelaskan bagaimana Indonesia melakukan upaya melindungi manusia dari virus COVID-19, tetapi satu sisi juga berupaya agar pembangunan sumber daya manusia turut berjalan bahkan pada masa pandemi sekalipun.

Pandemi COVID-19, katanya, memberikan pembelajaran bagaimana menghadirkan pembelajaran jarak jauh yang sukses tanpa harus mengorbankan kualitas. Terutama bagi perguruan tinggi yang belum terbiasa menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.

“Kami juga melakukan evaluasi terhadap pembelajaran daring, konten multimedia dan juga manajemen sistem pembelajaran,” terang dia.