Kunjungi IPB, Duta Besar Bosnia dan Herzegovina Buka Peluang Kerjasama

Institut Pertanian Bogor (IPB)
Sumber :
  • Facebook - Institut Pertanian Bogor (IPB)

VIVA – Duta Besar Bosnia dan Herzegovina untuk Indonesia, Mehmed Halilovic, MA berkesempatan mengunjungi Kampus IPB University, 24/1. Kunjungan itu dalam rangka memulai peluang kerjasama kedua pihak, terutama bidang pendidikan.

Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia

“Saya ucapkan terimakasih kepada Prof Arif Satria, atas sambutannya hari ini. Kita mencoba untuk menjalin kerjasama antara Bosnia dan Indonesia terkait pengembangan pendidikan dan IPB University menjadi salah satu kampus pilihan kami untuk kerjasama tersebut,” ungkap Mehmed Halilovic, MA. Ditemui oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria, Mehmed Halilovic menuturkan, kerjasama ini membuka peluang pertukaran pelajar antara warga Bosnia dan Herzegovina dengan Indonesia, terutama di IPB University.  “Saya berharap ke depan, kita memiliki pertukaran pelajar antara universitas yang ada di Bosnia dengan IPB University. Kita ingin memulai sejarah agar ada warga Bosnia berkuliah di IPB University,” sebutnya.

Sementara itu, Prof Arif Satria menjelaskan, IPB University selama ini terus berupaya mengembangkan keilmuan dan pendidikan di Indonesia. Tak hanya pada aspek pertanian, namun meluas pada bidang pengetahuan lainnya. Sebab itulah, saat ini nama IPB University disematkan.  “Selamat datang di kampus IPB University. Saat ini IPB University tak hanya sebagai institut yang fokus pada pertanian, namun pada berbagai bidang keilmuan lain secara luas,” terang Prof Arif.
 
Selain aspek ilmu pengetahuan, lanjutnya, IPB University juga menjadi kampus yang aktif mengembangkan riset dan inovasi. Beragam inovasi dihasilkan para civitas setiap tahunnya. Sehingga layak kampus ini dinobatkan sebagai kampus inovasi.  “Tak sekedar menghasilkan inovasi, IPB University juga memiliki Science Techno Park (STP). Di tempat ini, proses hilirisasi invensi menjadi inovasi dilakukan. STP bertugas mengelola komersialisasi inovasi kepada industri,” sebut Prof Arif. 

Berpantun, Dubes Iran Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Rakyat Indonesia

Tak hanya itu, aspek pengabdian pada masyarakat turut menjadi perhatian IPB University. Hal itu dilakukan sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. Prof Arif menyebut, program seperti One Village One CEO (OVOC) dan kehadiran Agribusiness Technology Park (ATP) merupakan bagian kecil dari program pengabdian IPB University untuk masyarakat.

“ATP adalah wadah bagaimana IPB University melakukan edukasi teknologi kepada petani lingkar kampus. Dari sini, budidaya sayuran hasil petani binaan didistribusikan ke modern market. Sehingga produk organik yang ada di supermarket wilayah Jabodetabek, mayoritas dari ATP atau dari petani binaan IPB University,” ujarnya.

Tiga Duta Besar Kunjungi SMA Labschool Cibubur, Ada Apa?

Menanggapi paparan Prof Arif, Dubes Bosnia dan Herzegovina mengharapkan rencana kerjasama ini bisa terlaksana dalam waktu dekat. Karenanya, ia meminta Prof Arif bisa menindaklanjuti pertemuan ini sebelum Ramadhan tiba.

“Setelah diskusi ini, kami berharap IPB University bisa berkunjung ke Bosnia sebelum Ramadhan, untuk memulai kerjasama. Semoga program ini segera terlaksana,” harapnya. 
Mehmed Halilovic juga berkesempatan mengunjungi ATP didampingi Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni, Prof Dodik Ridho Nurrochmat bersama
Direktur Program Internasional, Prof Iskandar Zulkarnaen Siregar dan Asisten Direktur Pelayanan Program Internasional, Dr Sintho Wahyuning Ardie. (ipb)

Palestina Mengecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Israel Panggil Dubes Deretan Negara yang Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

kementerian Luar Negeri Israel pada Minggu, 21 April 2024 lalu erencana untuk mengundang duta besar negara-negara yang mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB lalu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024