Mengenal Visi Misi Ketua OSIS Lengkap dengan Cara Membuat dan Contoh

Siswi SMAN 3 Yogyakarta memilih Ketua OSIS
Sumber :
  • Dokumen SMAN 3 Yogyakarta

VIVA –  Visi misi Ketua OSIS tentunya harus dipikirkan dan dibuat secara matang supaya kita bisa menggaet banyak suara. Dengan menjadi ketua OSIS, maka kamu akan memperoleh kesempatan yang baik untuk dapat melatih kemampuan dalam bidang kepemimpinan. Nah, untuk mencalonkan diri menjadi seorang ketua OSIS diperlukan visi dan misi yang akan membantu untuk menjelaskan terkait dengan apa yang nantinya akan dilakukan pada masa kepemimpinan setelah terpilih. Penting juga untuk membuat visi dan misi yang dapat membangun serta mempunyai aspek yang inspiratif di dalamnya supaya memperoleh suara sebanyak-banyaknya dari para siswa yang ada di sekolah

Viral, Siswi Ini Tidak Jadi Berangkat Sekolah Gegara Tak Punya Ongkos

Perlu dipahami bahwa OSIS adalah kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Dalam sistem pendidikan Tanah Air, OSIS baru ada bila seorang siswa sudah memasuki tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah atas atau Kejuruan (SMA/K). Nah, di bawah ini akan dibahas beberapa contoh visi misi Ketua OSIS yang dapat menjadi sebuah pancingan dalam mengeluarkan aspirasi dan ide yang kamu miliki untuk memimpi salah satu organisasi terbesar yang ada di sekolah tersebut. Mendengarkan visi misi Ketua OSIS mungkin mungkin saja kerap terjadi dalam kehidupan di sekolah. Akan tetapi, kamu mungkin belum memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan visi dan misi tersebut. 

Lantas, Bagaimana Contoh Visi dan Misi Ketua OSIS?

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Berbagi Kebahagiaan dengan Memberikan Santunan Anak Yatim

1. Definisi Visi

Siswi SMAN 3 Yogyakarta memilih Ketua OSIS

Photo :
  • Dokumen SMAN 3 Yogyakarta
Tak Terima Dicopot, Kepala Sekolah SMPN di Manggarai NTT Boikot Ujian Siswa

Supaya kamu lebih memahami tentang contoh visi misi ketua OSIS, maka harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan visi itu sendiri. Secara etimologi, visi adalah sebuah hal yang mempunyai orientasi ke depan. Berdasarkan pengertian yang ada di dalam KBBI, vis adalah sebuah makna yang memiliki arti pengamatan, penglihatan, dan kemampuan dalam melihat persoalan serta pandangan atau wawasan ke depan. Bila diartikan secara umum, visi adalah kalimat yang memperlihatkan inti dari keinginan yang dimiliki oleh pribadi atau sekelompok orang dengan pandangan ke depan guna mencapai sebuah tujuan. 

Visi juga menjadi sebuah penggambaran tentang situasi ke depannya guna menentukan arah dan tujuan yang akan dicapai. Oleh karena itu, isi dari visi tersebut harus mampu untuk membuat perubahan yang bersifat kreatif dan inovatif. Penulisan visi tersebut tidak dilakukan secara detail karena perubahan bisa saja terjadi kapan saja dan visi harus mampu untuk untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang akan dihadapi.  

Syarat sebuah kalimat supaya bisa menjadi visi yang baik adalah tidak dibuat dengan berdasarkan kondisi yang terjadi saat ini. Berikutnya adalah mempunyai orientasi yang jauh ke depan. Dan terakhir adalah memiliki ekspresi tentang kreativitas yang ada menurut nilai di dalam lingkungan masyarakat. 

2. Definisi Misi

Siswa SMAN 3 Yogyakarta dalam pemilihan Ketua OSIS

Photo :
  • Dokumen SMAN 3 Yogyakarta

Sebelum melihat contoh visi misi Ketua OSIS, kamu juga harus memahami apa yang dimaksud dengan misi itu sendiri. Secara singkat, misi lebih menitikberatkan pada langkah yang harus dilakukan guna mencapai visi yang ada. Misi biasanya mengandung pernyataan tentang pekerjaan apa saja yang akan dilakukan guna bisa mewujudkan visi yang telah dibuat sebelumnya. Bila visi dibuat secara luas, maka misi lebih mengarah pada hal yang detail atau sebuah langkah kecil dari bagian visi yang dituliskan tadi supaya lebih terfokus dengan benar. 

Misi juga akan membantu kamu dalam mengetahui seberapa jauh batasan yang harus dibuat dalam mencapai tujuan yang sudah dimiliki. Bila diartikan dalam kata lain, misi mempunyai makna prioritas atau nilai-nilai yang menjadi landasan dalam mewujudkan misi yang dimiliki. Misi tersebut lebih memprioritaskan dalam bagian penetapan akan sasaran yang dituju. Selain itu, misi juga akan membantu dalam merancang sebuah pencapaian dari visi yang sudah dibuat. 

Perbedaan Visi dan Misi

Ilustrasi menulis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash

Photo :
  • U-Report

Bila kamu hanya melihat contoh visi misi Ketua OSIS bisa jadi akan membuat kamu bingung untuk mengetahui apa saja perbedaan di antara keduanya. Akan tetapi, satu hal yang harus kamu pahami bahwa visi misi adalah sebuah satu kesatuan yang akan berjalan bersama. Keduanya akan saling melengkapi untuk bisa mencapai sebuah tujuan yang dimiliki oleh seorang calon ketua OSIS. Nah, berikut adalah beberapa contoh perbedaan visi dan misi yang dapat mempermudah kamu dalam memahaminya:

1. Visi adalah sebuah bentuk tujuan yang akan dicapai dan misi adalah cara akan dilakukan untuk bisa mencapai tujuan tersebut. 

2. Visi adalah sebuah sebuah gambaran secara garis besar tentang tujuan yang hendak dicapai dan misi adalah penjelasan mengenai cara yang akan dilakukan untuk mencapai visi tersebut. 

3. Visi hanya terdiri atas satu atau beberapa kalimat dengan uraian yang padat dan jelas, sementara visi terdiri atas beberapa kalimat yang menerangkan lebih detail tentang visi yang ada. 

4. Visi mempunyai sifat jangka panjang dan misi lebih tertuju secepatnya atau segera dilakukan. 

5. Visi terbuat dari sifat yang umum dan akan berguna di masa mendatang, sementara misi dibuat secara detail atau khusus dan akan berjalan dalam jangka pendek atau masa kini. 

6. Visi berupa angan-angan dan misi dibuat untuk bisa menggapai angan-angan yang dimaksud. 

7. Visi dapat membantu untuk menumbuhkan semangat kerja dan komitmen yang sudah dimiliki sementara misi dipakai untuk dapat mengidentifikasi arah dan tujuan yang dimiliki. 

Cara Membuat Visi Misi Ketua OSIS

Ilustrasi anak menulis

Photo :
  • pixabay/picjumbo

1. Tentukan Tujuan yang akan Dimiliki

Langkah pertama dalam menyusun visi misi Ketua OSIS yang harus diperhatikan adalah memahami dulu apa tujuan yang dimiliki oleh OSIS tersebut. Tentunya setiap organisasi mempunyai tujuan masing-masing yang akan dicapai dan hal inilah yang akan membedakan OSIS dengan organisasi yang lain. Mengingat bahwa visi sendiri adalah bentuk dari tujuan yang akan dicapai oleh calon ketua, maka perlu memahami hal tersebut. Visi yang dibuat nantinya akan sejalan dengan tujuan dari organisasi tersebut. 

2. Pertimbangkan Nilai Sosial

Tidak jarang calon ketua OSIS yang tidak menyadari bahwa nilai-nilai sosial juga penting dalam memberikan pengaruh kepada visi misi yang akan dibuat. Menemukan nilai-nilai sosial akan mempermudah kamu dalam menentukan tujuan dari ketua OSIS saat memimpin organisasi. Hal ini juga dilakukan supaya tujuan yang ada tidak melanggar atau memenuhi norma sosial yang ada. Penting sekali untuk menjunjung tinggi nilai sosial supaya visi dan misi dapat diterima dengan baik. 

3. Tentukan Fokus Selama Menjabat

Setiap jabatan yang diemban tentu saja mempunyai jangka waktu masing-masing yang tidak dapat diganggu gugat. Oleh sebab itu, calon ketua OSIS harus bisa menentukan fokus tujuannya seperti apa yang hendak diambil dalam masa jabatan tersebut. Nantinya ini akan mempermudah dalam menentukan target pencapaian selama masa jabatan. 

4. Tentukan Target Capaian Organisasi

Hal selanjutnnya yang harus dupahami adalah seperti apa target yang akan dicapai sebagai calon ketua OSIS. Bagian yang satu ini mempunyai peranan penting mengingat visi dan misi akan sejalan dengan OSIS atau tidak. Maka dari itu, buatlah gambaran tentang target yang akan dicapai sesuai dengan nilai-nilai sosial yang ada. 

Contoh Visi Misi Ketua OSIS untuk SMA

Siswa SMA

Photo :
  • U-Report

Visi: Menjadikan OSIS (Nama Sekolah) sebagai wadah dalam menampung kreativitas, inspirasi dan aspirasi para siswa, serta meningkatkan IMTAQ dan IPTEK seluruh siswa yang berlandaskan 4 dasar yaitu jujur, adil, amanah, dan disiplin.

Misi:

  1. Merayakan hari-hari raya nasional dengan hal-hal yang positif supaya siswa bisa selalu mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan.
  2. Menciptakan organisasi yang SMART (Sigap, Menarik, Antusias, Rajin, dan Teliti).
  3. Mengaktifkan program kerja seluruh pengurus osis sesuai dengan bidangnya.
  4. Memperkuat nilai-nilai keagamaan para siswa/siswi (Nama Sekolah) dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa serta IMTAQ yang kuat.
  5. Mewujudkan program kerja yang baru dan menarik di SMA (Nama SMA).
  6. Menertibkan peraturan-peraturan yang belum terlaksana secara maksimal.

Contoh Visi Misi Ketua OSIS untuk SMP

Ilustrasi siswa smp.

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Visi: Meningkatkan kualitas SMP (Nama Sekolah) sekaligus membentuk kepribadian siswa-siswi agar menjadi SMART (Sigap, Musyawarah, Adil, Religius, Teliti).

Misi:

  1. Meningkatkan kualitas prestasi akademik maupun non akademik melalui organisasi.
  2. Memperkenalkan dan menyebarluaskan pada masyarakat luas tentang keunggulan SMP (Nama Sekolah)
  3. Menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi siswa/i.
  4. Meningkatkan kedisiplinan dengan menaati peraturan yang ada.
Webinar Makin Cakap Digital

Sekolah di Papua Barat Menyambut Workshop Daring Literasi Digital dengan Antusias

Workshop ini diselenggarakan sebagai respons terhadap penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi secara terbuka.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024