Lakukan Inovasi, Kajian Riset Rilis 15 Kota Menuju Ekonomi Cerdas

Ilustrasi kota pintar (smart city).
Sumber :
  • dw

VIVA – Era revolusi 4.0 memaksa pemerintah untuk beradaptasi dan menerapkan Teknologi Informasi dalam pelayanan publik, terlebih kondisi pandemi memaksa seluruh layanan beralih menuju digital. Dalam hal ini, konsep kota cerdas semakin gencar diterapkan pada kota-kota di Indonesia.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Menurut Riset Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021, telah mengkategorikan kota-kota di Indonesia dalam mengimplementasikan konsep kota cerdas. Berdasarkan hasil  riset, kota-kota berikut berada pada peringkat teratas yang dinobatkan sebagai Kota Menuju Ekonomi Cerdas.

Kota dengan rating tertinggi yaitu kota yang telah memberikan inovasi-inovasi baru yang secara langsung berdampak pada penambahan peluang usaha baru untuk masyarakat. Inovasi yang diterapkan berkontribusi dalam terbangunnya sistem ekosistem cerdas di kota tersebut.

Survei Ungkap Ketahanan Finansial Milenial Indonesia Tertinggi Se Asia, Ada Tapinya

Penilaian pada riset ini mengkategorikan 93 kota di Indonesia berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk kedalam 3 kategori yaitu, kota besar, kota sedang dan kota kecil.

Rating tertinggi Kota Menuju Ekonomi Cerdas secara berurutan untuk kategori Kota Besar diberikan kepada Kota Surabaya, Kota Bogor, Kota Semarang, Kota Bandung, Kota Batam.

Tak cuma Unggul Lewat Transformasi Digital, tapi Harus Menunjang Kelancaran Operasional

Sementara, peringkat kategori Kota Sedang yaitu Kota Probolinggo, Kota Samarinda, Kota Yogyakarta, Kota Kediri, Kota Cimahi. Dan terakhir, peringkat kategori Kota Kecil yaitu Kota Pariaman, Kota Bontang, Kota Bukittinggi, Kota Blitar, Kota Magelang.

Berdasarkan hasil penelitian, kategori ini diukur berdasarkan beberapa indikator utama yaitu pertumbuhan  ekonomi kota dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal ini, peningkatan yang terjadi dilihat dari pertumbuhan di berbagai sektor pendukung kegiatan ekonomi seperti pusat bisnis dan pasar, industri, UMKM serta pariwisata.

Kota-kota yang mendapat pertingkat utama pada kategori ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi kota lainnya  agar tercipta ekosistem kota yang semakin cerdas dan memberikan solusi-solusi terhadap masalah ekonomi yang terjadi di perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya