Terbukti Ampuh, 10 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Tikus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara mengusir tikus wajib diketahui oleh semua orang, sebab hewan pengerat yang satu ini kerap datang ke rumah siapa saja dan kapan saja. Kehadiran hewan yang satu ini di dalam rumah tentunya akan sangat menganggu para penghuni. Selain identik dengan hewan yang kotor dan jorok, tikus juga dapat merusak barang-barang yang ada di rumah. Mulai dari lemari kayu, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya. Hewan mamalia yang mempunyai gigi seri besar ini akan tumbuh secara terus menerus. 

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Maka dari itu, supaya tidak semakin banyak tikus di dalam rumah, kamu harus menyingkirkannya dengan cepat. Salah satu cara untuk mengetahui keberadaaan tikus di dalam rumah adalah dengan mengamati bekas tinja yang mereka tinggalkan sebagai petunjuk kehadiran mereka. Setelah kamu mengetahui keberadaan tikus di dalam rumah, coba terapkan beberapa cara mengusir tikus dari rumah berikut ini yang disadur dari laman Healthline. 

1. Bersihkan Seluruh Isi Rumah

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Cara mengusir tikus yang pertama adalah membersihkan seluruh area rumah, sebab hewan kecil ini sangat menyukai area yang sempit dan gelap untuk bersembunyi. Maka dari itu, kamu harus meminimalisir atau membasmi beberapa tempat yang berpotensi untuk menjadi tempat persembunyian tikus. Jangan lupa untuk membersihkan seluruh ruangan yang ada di dalam rumah, terlebih ruangan yang penuh barang dan buang sampah pada tempatnya. 

2. Gunakan Perangkap

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Perangkap ini akan membuat tikus tetap hidup sehingga kamu bisa melepaskannya. Letakkan perangkap tersebut di area rumah yang paling sering dikunjungi oleh tikus dan jangan lupa untuk memeriksa setiap pagi. Tikus umumnya akan keluar mencari makan di malam hari. 

Pastikan untuk melepaskan tikus lebih dari 1,5 kilometer dari rumah jauhnya dan sebaiknya dilepaskan bukan di daerah berpenghuni. Jangan sekali-kali menyentuh tikus untuk menghindari penyakit yang mungkin dibawanya. Contoh makanan yang kerap menjadi incaran para tikus adalah kacang, keju, mentega, dan lain sebagainya. 

3. Gunakan Larutan Cabai

Umpan beracun mungkin saja menjadi solusi yang mudah sebagai salah satu cara mengusir tikus, tapi juga harus memerhatikan risikonya. Racun yang digunakan akan membunuh hewan dan juga anak kecil bisa terpapar penyakit. Maka dari itu, akan lebih baik bila memakai umpan dan perawatan yang tidak beracun. Cobalah dengan larutan cabai dan semprotkan ke area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tapi sering dikunjungi oleh tikus. 

4. Tutup Lubang dan Celah

Cara mengusir tikus berikutnya adalah dengan memeriksa seluruh bagian rumah untuk mencari celah tikus dapat masuk ke dalam. Kamu harus memeriksa bagian saluran air, celah ventilasi, sampai daerah luar rumah yang menjadi potensi untuk dilewati tikus. Celah-celah ini harus ditutup atau dipasang jebakan seperti wol kawat, pelat logam, plester, atau semen. 

5. Pakai Lada Hitam

Cara mengusir tikus dengan menggunakan lada hitam bisa dilakukan dengan mudah. Lada hitam mengandung bahan kimia yang dinamakan sebagai piperin beracun untuk tikus. Dengan menaburkan lada hitam juga akan mengiritasi saluran hidung dan mengakibatkan ketidaknyamanan untuk tikus. Langkah pertama adalah dengan membersihkan semua sampah, sisa makanan, dan sumber air untuk tikus. 

Hal ini bertujuan untuk menghalangi mereka dari dan memaksa mereka supaya mencari tempat lain. Temukan tempat tikus bersembunyi dengan lada hitam yang digiling kasar. Area tersebut biasanya berada di belakang lemari es, mesin cuci, belakang lemari, atau di dekat tempat sampah. 

6. Soda Kue

Soda kue mempunyai efek yang berbahaya untuk tikus. Saat soda kue dikonsumsi oleh tikus, maka akan muncul reaksi yang mengakibatkan gas dalam lambung. Karena tikus tidak bisa buang angin, gas itu akan mengakibatkan tekanan internal yang pada akhirnya akan membunuh tikus tersebut. 

7. Semprot Cairan Pemutih

Cairan pemutih pada umumnya dipakai sebagai bahan pembersih di rumah. Namun, cairan ini juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Encerkan cairan tersebut dengan menggunakan air supaya baunya tidak terlalu menyengat di dalam rumah. Kemudian semprotkan cairan tersebut di area yang dilewati hewan ini. Selain itu, kamu juga bisa mendesinfeksi area yang terkena kotoran, darah, atau urine tikus. 

8. Memakai Ampas Teh

Bila kamu sering minum teh, manfaatkan ampas atau kantung teh sebagai salah satu cara mengusir tikus di rumah. Ampas teh ini dapat merusak pernapasan tikus saat hewan mamalia yang satu ini menghirup atau memakannya. Kamu dapat meletakkan ampas teh ini di tempat persembunyiannya, sampai tikus-tikus tersebut tidak betah berada di rumah. 

9. Menggunakan Kulit Durian

Usai memakan buah durian, jangan langsung membuang kulitnya, karena kulit durian sangat bermanfaat untuk mengusir tikus bandel yang ada di rumah. Cara menggunakannya dengan memotong kulit buah durian dan kemudian meletakkannya di tempat persembunyian tikus. 

Bau yang dikeluarkan oleh kulit durian yang sangat menyengat ini akan mengusir tikus-tikus yang menghuni rumah kamu. Terlebih dengan kulitnya yang tajam akan membuat tikus merasa ketakutan dan akhirnya pergi dari rumah. 

10. Menggunakan Rambut

Jika kamu menggunting atau mempunyai rambut rontok, coba pakai sisa-sisa rambut tersebut untuk mengusir tikus yang berada di rumah kamu. Karena saat rambut dimakan dan ditelan oleh tikus bisa mengakibatkan tikus mati. Kamu hanya perlu menggabungkan sisa rambut dan meletakkannya di tempat yang dilewati tikus. Tikus akan tertarik dan kemudian mencoba untuk memakannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya