Mahasiswi Unej Juara 1 Duta Lingkungan Indonesia 2021

Mahasiswi Unej juara 1 Duta Lingkungan Indonesia
Sumber :
  • antara

VIVA – Mahasiswi Program Studi Pendidikan Biologi Unviersitas Jember (Unej) Rachma Fadhillah Amalia dan Nuris Fattahilla alumni FKIP Unej yang mewakili Jawa Timur ditetapkan sebagai juara I dalam ajang pemilihan Duta Lingkungan Indonesia tahun 2021.

Rachma dan Nuris berhasil menyisihkan 11 finalis lain perwakilan dari berbagai provinsi di acara Pemilihan Duta Lingkungan Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi Indonesia di Yogyakarta pada 20-23 Januari 2022.

"Saya akan terus mempengaruhi masyarakat tentang kebiasaan ramah lingkungan bekerja sama dengan berbagai pahlawan bumi seperti LSM yang bergerak di bidang lingkungan dengan teman-teman duta lingkungan di berbagai provinsi," kata Rachma dalam rilis Humas Unej, Jumat (4/2).

Di era revolusi industri 4.0, katanya, dalam melakukan aksi kampanye ramah lingkungan harus lebih kreatif karena kebiasaan dan kedekatan generasi milenial dengan media sosial bisa dijadikan salah satu media untuk mengedukasi mereka.

"Selain melakukan aktivitas luring seperti menanam pohon, 'educamp' bersama dengan aktivis lingkungan, perlu juga membuat edukasi tentang lingkungan melalui media daring seperti webinar, podcast, live talks Instagram, Facebook ataupun media sosial lainnya," katanya.

Pilihan kampanye melalui media sosial bagi Rachma merupakan sebuah keputusan yang tepat karena menurut gadis kelahiran Banyuwangi itu, kaum muda sangat krusial perannya dalam pembangunan bangsa, sehingga tidak ada salahnya jika edukasi melalui platform digital.

"Kalau edukasi melalui media daring memang atensinya lebih banyak pada kaum milenial. Saya rasa sekarang tidak hanya kaum milenial saja yang menggunakan media sosial, namun semua kalangan usia kini sudah menggunakannya," katanya.

Ia mengatakan tidak hanya memberikan edukasi ramah lingkungan, namun mahasiswi Unej itu pun menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-harinya.

"Saya selalu berusaha untuk sedapat mungkin menghemat penggunaan air, kemudian hemat listrik dan tidak membuang sampah adalah hal kecil dan perilaku baik untuk menghindari kerusakan lingkungan yang selalu saya terapkan," katanya.

Dalam ajang tersebut, Rachma juga berhasil meraih 4 gelar yakni Winner Duta Lingkungan Indonesia 2021, Best Talent Duta Lingkungan Indonesia 2021, Persahabatan Duta Lingkungan Indonesia 2021dan Intelegensia Duta Lingkungan Indonesia 2021. (antara)

Mahasiswi dan IRT Jual Diri di Michat Demi Kebutuhan Hidup, Sekali Kencan Rp 200 Ribu
Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Untuk sejauh ini, sudah ada 12 orang yang telah melaporkan (Rektor UNU). Mereka masing-masing mahasiswi, staf hingga dosen. Pelaporan itu dilayangkan ke pihak LLDIKTI."

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024