UNS Raih Peringkat 6 Versi Webometrics 2022

Gerbang Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo
Gerbang Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih peringkat enam perguruan tinggi (PT) terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2022.

Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, mengatakan Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan yang dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah riset grup di bawah naungan Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang menjadi lembaga riset publik terbesar di Spanyol.

Selanjutnya, untuk di tingkat dunia UNS sendiri menempati posisi ke-1.144.

Ia mengatakan ada tiga indikator yang digunakan dalam Webometrics untuk menilai kualitas setiap perguruan tinggi, yaitu visibility (impact) sebesar 50 persen, transparency (opennes) sebesar 10 persen, dan excellence (scholar) sebesar 40 persen.

"Pada ketiga indikator ini, impact rank UNS berada di peringkat ke-487 dunia, sedangkan openness rank berada di peringkat ke-1.028 dunia dan excellence rank berada di peringkat ke-2.507 dunia," katanya, Sabtu (5/2).

Terkait capaian tersebut, pihaknya mengapresiasi kerja keras dari seluruh pihak. Meski demikian, ia terus meminta seluruh pihak untuk mempertahankan kinerja tersebut.

"Kerja keras lagi, untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan reputasi kita di tingkat internasional," katanya.

Ia juga berharap capaian tersebut tidak hanya dicatatkan pada Webometrics Ranking of World Universities tetapi juga 4ICU dan Asian University Ranking.

"Namun dengan hasil pemeringkatan Webometrics ini UNS dapat memetakan kemampuan terbaiknya, baik dari segi atmosfer akademik, kemampuan, maupun reputasi," katanya. (antara)