Pengertian Kalimat Utama, Penjelasan serta Contohnya

Memperingati Bulan Oktober Sebagai Bulan Bahasa (Dok:Pribadi)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kalimat utama dalam paragraf juga dikenal dengan sebutan gagasan pokok atau gagasan utama. Secara umum, kalimat utama adalah inti yang dibahas dalam suatu wacana berbentuk paragraf. Dalam paragraf, kalimat utama menjelaskan inti permasalahan secara umum. Kalimat utama dalam sebuah paragraf biasanya hanya ada satu kalimat. Karena memuat keseluruhan isi dari penggalan cerita, maka dari itu sifatnya menjadi umum.

Anies Senang Idenya Soal Cuti Ayah Jika Istri Melahirkan Diterapkan Pemerintah

Ada beberapa cara dalam menentukan kalimat utama dari setiap paragraf. Pertama, ingat kunci dari kalimat utama. Kedua, temukan kalimat yang dijelaskan oleh kalimat lain. Ketiga, perhatikan kembali apa atau siapa yang dirujuk dari kalimat penjelas.

Secara umum kalimat utama bisa terletak di bagian awal, tengah, akhir, bahkan menyebar tergantung jenis paragrafnya. Untuk paragraf induktif kalimat utama dapat ditemukan di bagian akhir paragraf. Sedangkan, pada paragraf deduktif kalimat utama terletak di depan paragraf.

Goweser Purwakarta Sosialisasi Gagasan dan Program Ganjar-Mahfud dengan Sepeda Santai

Meskipun sebagai inti kalimat, kalimat utama bisa diletakkan di mana saja. Bisa terletak di awal, di tengah atapun di akhir paragraf. Namun, kalimat utama lebih sering diletakkan di awal paragraf sebagai kalimat pertama.

Harus diperhatikan, berikut ini tanda-tanda kalimat utama:

Komentari Penampian Gibran di Debat Cawapres, Perdana: Fokus Menyampaikan Gagasan Keberlanjutan

- Jadi,...

- Intinya, ...

- Pada dasarnya, ...

Berikut ini contoh identifikasi kalimat utama dan penjelas dalam sebuah paragraf.

"Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah mengalami tumbuh kembang. Secara umum, tumbuh kembang dapat diartikan mengalami perubahan bentuk dan sifat baik sebagian atau seluruh tubuh. Makhluk hidup akan tumbuh apabila ada perkembangan yang baik dari segi makanan dan aktivvitas lainnya yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya".

Dalam paragraf di atas, kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni pada kalimat 1. Sedangkan kalimat penjelas terletak setelahnya, yakni pada kalimat 2, 3, dan 4.

Sementara itu, kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi keterangan tambahan. Untuk mendorong kalimat utama, maka kalimat penjelas dapat sebagai pelengkap kalimat utama.

Kalimat penjelas biasanya terletak setelah kalimat utama. Namun, tidak menutup kemungkinan kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama.

Selain itu, masih ada contoh kalimat utama lainnya seperti:

1. Air sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

2. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit.

3. Selain itu, daun pepaya bisa bermanfaat sebagai bahan masakan yang dapat dikonsumsi.

Ilustrasi idul fitri

Sering Dikirim Saat Lebaran, Apa Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal ya Karim?

Kalimat tersebut sering dikirim maupun diucapkan saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, apa arti dari ucapan tersebut?

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024